Selagi Masih Ada NU dan Muhammadiyah, Tidak ada Talibanisme di Indonesia

Selasa 17-08-2021,19:30 WIB
Reporter : Junaedi
Editor : Junaedi

JAKARTA – Beberapa hari terakhir, dunia dikejutkan dengan berita mengenai bergejolaknya kembali negara Afganistan, setelah kelompok Taliban berhasil menduduki Ibukota, Kabul.

Bahkan, mereka berhasil menduduki istana kepresidenan setempat sebagai bentuk penolakan pemerintahan transisi.

Menanggapi peristiwa tersebut, tokoh Nahdatul Ulama (NU) Kiai Taufik Damas mengatakan, apa yang terjadi di Afganistan tidak akan terjadi di Indonesia.

Baca juga: Siapa Taliban yang Kini Menguasai Afghanistan?

Dia meminta pihak-pihak agar tidak perlu khawatir dengan Taliban. Sebab dipastikan mereka tidak bisa menaklukkan Indonesia.

“Ada yang khawatir apa yang terjadi di Afganistan akan terjadi di Indonesia. Saya katakan: berarti anda tidak punya rasa percaya diri sebagai anak bangsa. Berarti anda tidak kenal Indonesia.Yang menakut-nakuti adalah para demagog,” kata Taufik Damas dikutip akun Twitter-nya, Selasa (17/8).

Dia menilai, Taliban dan Afganistan adalah urusan politik. Bukan soal agama. “Afganistan adalah urusan geopolitik, bukan ideologi” katanya.

2

Baca juga: Warga Afghanistan Kabur dari Taliban, Berebut Naik Pesawat, Amerika akan Lanjutkan Evakuasi

Kiai Damas juga memastikan bahwa selama masih ada NU dan Muhammadiyah, Taliban tidak akan menganggu Indonesia.

“Selama masih ada NU dan Muhammadiyah, tidak akan ada talibanisme di Indonesia. Selow aja. Jangan jadi demagog,” katanya. (fin)

Tags :
Kategori :

Terkait