Tanah Timbul di Pantai Kota Cirebon Biarkan Alamiah, Jangan Ditimbun Pakai Sampah

Jumat 24-09-2021,13:45 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

CIREBON - Permasalahan sampah di pesisir pantai Kota Cirebon berkaitan erat dengan tanah timbul. Sehingga cukup pelik persoalannya.

Sekretaris Daerah, Drs H Agus Mulyadi MSi meminta agar tanah timbul terjadi secara alamiah. Tidak ditimbun dengan sampah.

\"Kita harapkan jangan ditumpuk sampah itu. Kalau kita membuang sampah yang ada di sana, itu juga butuh usaha yang keras,\" kata Agus, kepada radarcirebon.com, Jumat (24/9/2021).

Diungkapkan dia, dalam upaya penanganan sedimentasi di kawasan muara sungai, pemerintah berusaha agar sampah itu tidak menjadi bagian yang menghalangi aliran sungai dari hulu ke hilir.

\"Jadi ini penting juga untuk edukasi masyarakat. Soal sampah di pesisir ini. Mohon kalau tanah timbul itu, biarkan saja alamiah,\" katanya.

Gusmul menambahkan, pemerintah telah membuat batas berupa jalan pantai. Area sebelum jalan pantai yang sudah terbentuk tanah timbul, masyarakat bisa mengajukan sesuai mekanisme.

Tetapi setelah jalan pantai, menjadi area terbuka hijau. Sehingga tidak boleh dibuat apapun di area tersebut.

2

\"Sanksi itu sudah ada perdanya. Tinggal penegakkan saja. Teman-teman LH yang akan membuat regulasinya, teman-teman Satpol PP yang melakukan penindakannya,\" tandas dia. (rdh)

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait