Kota Cirebon Raih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE)

Rabu 20-10-2021,13:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON- Kota Cirebon berhasil raih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020 Kategori Madya. Penghargaan itu dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3APPKB) Kota Cirebon Suwarso Budi Winarno didampingi Kabid Pemberdayaan Perempuan Siti Halimah mengatakan penghargaan APE merupakan penghargaan yang diberikan kepada kementerian kepada pemda yang berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak serta memenuhi pemenuhan kebutuhan anak.

Bagi Kota Cirebon, kata Budi, APE merupakan pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan perangkat daerah dan semua pihak terkait dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam strategi Pengarusutamaan Gender (PUG).

Perolehan APE Tahun 2020, masih kata Budi, adalah yang kedua kalinya bagi Kota Cirebon, di mana sebelumnya di Tahun 2018 APE kategori madya juga diraih Kota Cirebon.

Ini merupakan bentuk keseriusan Kota Cirebon mengimplementasikan 7 (tujuh) prasayat PUG. Yaitu komitmen, kebijakan, kelembagaan, analisa gender, data terpilah, SDM dan anggaran dan partisipasi lembaga masyarakat.

Dengan demikian program kegiatan yang dilaksanakan di Kota Cirebon sangat memperhatikan issue strategis dalam program PUG. Di antaranya meningkatkan pemahaman SDM khususnya focal point gender di setiap perangkat daerah berkaitan dengan pemahaman konsep gender, analisa gender dan perencanaan penganggaran yang responsif gender. (abd/adv)

Tags :
Kategori :

Terkait