Sukmawati Soekarno Putri Pindah Agama, Sudah Puluhan Tahun Baca Kitab Suci Hindu

Minggu 24-10-2021,06:30 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

BALI - Sukmawati Soekarnoputri akan menjalani ritual pindah agama dari Islam ke Hindu, Selasa, 26, Oktober 2021 atau tepat di Hari Ulang Tahun yang ke-70.

Keputusan putri Proklamator RI itu, bukan diambil dalam waktu singkat. Dia sudah lama menjalani proses spiritual yang panjang.

Kepala Sukarno Center, Arya Wedakarna menerangkan, pilihan tersebut diambil Sukmawati, karena pada dasarnya sang nenek yakni Ida Ayu Nyoman Rai Srimben, beragama Hindu.

“Pindahnya Sukmawati ke Agama Hindu merupakan haknya untuk bisa kembali ke agama leluhurnya,” tutur Arya.

Proses pindah agama Sukmawati akan dilaksanakan pada, Selasa, 26, Oktober 2021 sekitar pukul 11.30-13.00 Wita.

Acara tersebut bertajuk Sudi Wadani atau prosesi ritual kembali ke Agama Hindu. Tertulis dalam undangan Sukmawati Sukarno atau Ratu Niang Sukmawati.

Menurut Arya, selama ini adik Megawati Soekarnoputri itu sering melakukan diskusi dengan pemuka lintas agama baik kepada pendeta hingga biksu.

2

Bahkan Sukmawati juga tak jarang membaca kitab suci Hindu.

“Beliau ini suka dengan Hindu dengan Bali. Selalu minta datang ke Pura, udah puluhan tahun ini dan suka membaca kitab suci Hindu. Suka berdiskusi dengan para biksu para pendeta-pendeta, pemangku kami,” katanya.

Tanggal 26 Oktober akan menjadi hari pengukuhan Sukmawati kembali ke agama Hindu, yang juga bertepatan dengan hari ulang tahun Sukmawati ke-70 tahun. (yud/fajar)

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait