Cegah Abrasi di DAS, PLN UIP JBT Berikan Bantuan 2.250 Pohon Produktif

Jumat 03-12-2021,13:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON- PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah (PLN UIP JBT) turut mendukung upaya pelindungan tanah untuk meminimalisir abrasi di Daerah Aliran Sungai (DAS) dengan memberikan bantuan 2.250 pohon produktif untuk ditanam di atas lahan sekitar DAS Citarum.

Program Penanaman Pohon Tahun 2021 ini merupakan salah satu bantuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN UIP JBT yang dilaksanakan bertepatan dengan momentum Bulan Menanam Pohon Nasional dan bekerjasama dengan Dinas Kehutanan Wilayah II Purwakarta.

Penanaman pohon secara simbolis dilaksanakan General Manager PLN UIP JBT bersama Bupati Purwakarta yang diwakili Plt Asda Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Hariman Budi Anggoro  ST MT dan Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah II Purwakarta Irawan SHut di Desa Parakanlima, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Selasa (30/11).

Turut hadir dalam acara tersebut jajaran Muspika Jatiluhur, Kepala Desa Parakanlima, perwakilan Manajemen dan tim TJSL PLN UIP JBT, serta anggota KTH Mukti selaku penerima bantuan.

Dalam sambutannya, General Manager PLN UIP JBT  Octavianus Duha menyampaikan bahwa bantuan TJSL penanaman pohon ini merupakan wujud peran serta dan dukungan perusahaan terhadap pelestarian alam yang sejalan dengan tujuan 15 dalam Sustainable Development Goals (SDGs), yaitu menjaga ekosistem daratan.

“Melalui Program PLN Peduli, PLN UIP JBT yang bergerak dalam pembangunan Pembangkit dan Jaringan Transmisi serta Gardu Induk juga berupaya untuk turut melakukan berbagai program TJSL di sektor lingkungan dan pelestarian alam. Mudah-mudahan bantuan ini dapat bermanfaat dan  memberikan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pemulihan kerusakan sumber daya hutan dan lahan melalui menanam pohon,” Ujar Octavianus.

Dalam seremoni tersebut, Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah II Kabupaten Purwakarta Irawan SHut juga menyampaikan bahwa penanaman pohon akan dilakukan di wilayah terdekat DAS Citarum di Kabupaten Purwakarta seluas 5 hektar dengan penanaman intensif 450 batang per hektar.

2

Penanaman pohon ini akan menggunakan model agroforestry, di mana model ini dapat meningkatkan hasil produksi suatu lahan dengan penanaman berbagai macam komoditi bernilai ekonomi dan menyediakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat sekitar sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat.

“Kami sangat mendukung dan mengapresiasi adanya program TJSL dari PLN UIP JBT. Semoga program ini dapat berjalan baik dan mudah-mudahan di area 5 hektar ini ke depannya juga dapat menjadi sarana edukasi baik dari sektor perbenihannya maupun pengembangan potensi dari hasil tanamannya sehingga dapat menjadi area percontohan bagi daerah lainnya,” ujar Irawan.

Adapun jenis tanaman yang diprioritaskan pada program ini ialah tanaman pokok berupa tanaman Jabon dan Balsa serta tanaman Multi Purpose Trees Species (MPTS) berupa tanaman Lengkeng dan Mangga. Selain tingkat adaptasinya yang cukup baik, tanaman Jabon dan Balsa mampu mengikat agregat tanah dengan baik sehingga diharapkan dapat menahan laju aliran permukaan dan menahan sedimentasi. Hasil dari tanaman ini pun juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Misno, Ketua Kelompok Tani Hutan Mukti selaku penerima bantuan dalam agenda seremoni tersebut menyampaikan ucapan terimakasih kepada PLN atas bantuan yang telah diberikan.

“Terima kasih banyak kepada PLN dan Dinas Kehutanan yang telah membantu mewujudkan mimpi dan cita-cita kelompok tani hutan mukti untuk menghijaukan Desa Parakanlima. Ini mimpi kami sejak lama, dan tentunya kami akan berupaya untuk mengembangkan dan memelihara bantuan yang telah diberikan agar dapat memberikan manfaat bagi anggota kelompok dan masyarakat sekitar,” ungkap Misno.

Bantuan TJSL senilai Rp107 Juta ini tidak hanya direalisasikan dalam bentuk bibit pohon. PLN juga memberikan bantuan pupuk dan biaya pemeliharaan agar pohon dapat tumbuh dengan baik.

Diharapkan program ini dapat memberikan manfaat dalam memperbaiki struktur tanah, pengendalian erosi, serta sedimentasi dapat terkontrol dengan baik. Selain itu, PLN juga berharap masyarakat setempat dapat semakin meningkat produktivitasnya, semakin maju dan berkembang serta mampu membuka peluang lapangan kerja baru bagi masyarakat sekitar. (via/opl)

https://youtu.be/t88k1buKUHQ
Tags :
Kategori :

Terkait