Segini Jumlah Pekerja Migran Asal Kab Cirebon yang Bekerja di LN

Minggu 19-12-2021,00:00 WIB
Reporter : Junaedi
Editor : Junaedi

CIREBON – Kabupaten Cirebon merupakan kantong Pekerja Migran Indonesia (PMI) keenam dalam periode 4 tahun terakhir setelah Indramayu, Malang, Blitar, Ponorogo dan Cilacap.

Hal ini terungkap saat peringatan Hari Migran Internasional tahun 2021 yang berlangsung di Kabupaten Cirebon, Sabtu (18/12/2021).

Berdasarkan penelusuran data yang dilakukan oleh radarcirebon.com, Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) menyebutkan, bahwa PMI asal Kabupaten Cirebon pada tahun 2018 berjumlah 10.185 orang dan 11.829 orang pada tahun 2019.

Tentu saja, dengan banyaknya jumlah PMI asal Kabupaten Cirebon bisa memberikan kontribusi positif.

Menurut Bupati Cirebon Drs H Imron MAg, keberadaan PMI asal Kabupaten Cirebon yang bekerja di luar negeri, cukup memberikan banyak kontribusi positif terhadap devisa negara.

Dengan demikian, dia pun mengajak kepada semua pihak yang berkaitan dengan PMI ini untuk bersama-sama memberikan perlindungan dan perhatian.

\"Pemerintah Kabupaten Cirebon mengajak seluruh stakeholder untuk memberikan perhatian khusus kepada PMI. Selain memberikan perlindungan, juga menyampaikan informasi tentang prosedur baik,\" kata Imron.

2

Bahkan, dia pun meminta kepada Pemerintah Pusat, untuk bisa bertindak tegas apabila ada perusahaan yang bergerak dalam penyaluran PMI ke luar negeri yang tidak bertanggungjawab,”

\"Kepada Pemerintah Pusat untuk memberikan sanksi tegas kepada biro atau jasa pemberangkatan PMI yang tidak bertanggung jawab terhadap keamanan pekerja tersebut,\" tegasnya.

Sementara, dalam peringatan Hari Migran Internasional tahun 2021, Kabupaten Cirebon mendapatkan penghargaan dari Kementerian Ketenagakerjaan RI sebagai daerah peduli PMI.

Bupati Cirebon Drs H Imron MAg mengatakan, penghargaan tersebut adalah sebuah kehormatan bagi Kabupaten Cirebon. (jun)

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait