SMP IT NSQ Galang Dana Erupsi Semeru

Senin 20-12-2021,14:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON - Dengan menyisihkan uang saku, ratusan siswa di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Nuurusshidiiq (SMP IT NSQ) Kota Cirebon, Jawa Barat, melakukan penggalangan dana untuk korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. Kepala SMP Islam Terpadu Nuurusshidiiq Kota Cirebon, H Akhmad Nuriyanto SPdI mengatakan, penggalangan dana tersebut merupakan bentuk kepedulian siswa terhadap para korban bencana erupsi Gunung Semeru yang terjadi Sabtu (4/12) lalu.

\"Kegiatan ini adalah gerakan untuk peduli pada bencana alam kepada saudara-saudara kita di Lumajang, Jawa Timur akibat erupsi Gunung Semeru. Kemudian, kita menggerakkan para siswa, guru dan tenaga kependidikan di SMP Islam Terpadu Nuurusshidiiq Kota Cirebon untuk peduli terhadap musibah yang dialami masyarakat di Lumajang,\" katanya.

Penggalangan dana tersebut, merupakan wujud solidaritas dan dukungan moral kepada masyarakat di Lumajang yang menjadi korban erupsi Gunung Semeru. Penggalangan dana sendiri dilakukan dengan cara mengutip sumbangan menggunakan kardus kepada para siswa di halaman sekolah.

\"Kegiatan ini adalah satu pendidikan karakter agar siswa  punya rasa empati, rasa peduli dan juga gotong royong. Sehingga, melalui kegiatan ini, bisa mendorong agar mereka bisa semangat berbagi dan ta’awun, dan bentuk gerakannya adalah kita menggali sumbang dan uang dari para siswa, mulai dari kelas 7, 8 dan 9, dan KBC yang kita lakukan selama satu minggu,\" imbuhnya.

Mutiara Rahma Salsabila, seorang siswa mengatakan, para siswa dan guru diberikan kebebasan untuk menentukan besaran uang bantuan yang disumbangkan. Alhasil, dalam hitungan menit, sumbangan yang dikumpulkan sebanyak Rp1.000.000. Ia pun berharap, penggalangan dana ini akan meringankan beban masyarakat yang menjadi korban erupsi Gunung Semeru.

\"Karena di sana kan ada anak-anak yang tidak bisa sekolah, dan rumahnya terkena erupsi itu. Jadi kami berbelasungkawa dengan menyedekahkan uang saku kami,\" katanya.

Bantuan tersebut akan disalurkan melalui Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Cirebon, untuk kemudian diberikan kepada korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. (awr/opl)

2

BACA JUGA:

Tags :
Kategori :

Terkait