Membersihkan dan Mendesinfeksi Rumah saat Pandemi Covid-19

Senin 27-12-2021,15:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

MEMBERSIHKAN rumah secara rutin dengan cairan pembersih  rumah tangga seperti  sabun  atau detergen dapat menurunkan jumlah kuman  pada permukaan dan menurunkan resiko  penularan kuman melalui permukaan. Desinfeksi tidak perlu dilakukan secara rutin di rumah, kecuali ada anggota keluarga yang menderita Covid-19 di dalam rumah.

Kapan dan bagaimana membersihkan permukaan -permukaan di rumah anda?

  1. Bersihkan permukaan yang sering disentuh  secara  teratur dan terutama setelah ada tamu  yang berkunjung ke rumah anda.
  2. Fokuskan terutama di permukaan yang  sering disentuh seperti pegangan pintu, meja, pegangan-pegangan, dan tombol lampu.
  3. Bersihkan area permukaan lainya sesuai kebutuhan, misal apabila terlihat kotor. 
  4. Bersihkan permukaan menggunakan produk-produk yang sesuai untuk tiap permukaan, serta ikuti instruksi yang tertera di  dalam label produk pembersih  rumah tangga.

Ambil langkah-langkah untuk membatasi kontaminasi permukaan dari partikel-partikal airborne atau dari sentuhan tangan  yang telah  terkontaminasi, dengan cara :

  1. Mintalah tamu yang  berkunjung untuk menggunakan masker.
  2. Lakukan protokol kesehatan yang  dianjurkan saat ada tamu yang berkunjung ke rumah anda.
  3. Segera isolasi bila ada tamu atau anggota keluarga yang terinfeksi COVID-19.
  4. Mintalah agar seluruh anggota di dalam rumah sering mencuci tangan, terutama setelah beraktivitas  dari luar rumah.

Desinfeksi rumah anda ketika ada anggota keluarga  yang terinfeksi Covid-19. Desinfeksi bertujuan untuk membunuh kuman-kuman di permukaan dan menurunkan resiko penularan kuman. Beberapa hal yang harus dilakukan saat mendesinfeksi rumah  anda adalah :

  1. Ikuti instruksi yang tertera di dalam label produk desinfektan.
  2. Label tersebut berisi cara penggunaan produk dan instruksi-instruksi khusus untuk keamanan pemakaian desinfektan. Jauhkan cairan desinfektan dari jangkauan anak-anak. Periksa di dalam label mengenai alat pelindung diri (APD) yang harus digunakan saat menggunakan produk desinfektan (contoh sarung tangan, kaca mata dll).
  3. Bila produk desinfeksi anda tidak memiliki zat pembersih, maka bersihkan dahulu permukaan  yang kotor dengan pembersih rumah tangga serperti sabun atau deterjen sebelum mendesinfeksi.
  4. Gunakan  produk-produk desinfektan yang  efektif melawan Covid-19. Bebebrapa produk  merekomendasikan untuk membibarkan permukaan  tetap basah oleh desinfektan selama beberapa periode waktu. Olehkarena itu selalu lihat “contact time” pada label produk.
  5. Pastikan  ventilasi yang adekuat saat menggunakan desinfeksi dengan tetap membuka  pintu dan jendela untuk membantu aliran udara.
  6. Setelah melakukan desinfeksi segera cuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik. Pastikan mencuci  tangan segera setelah melepas sarung tangan.

Tips menggunakan desinfektan kimia dengan aman :

  1. Selalu ikuti petunjuk pada label produk  pembersih dan desinfeksi untuk menjamin penggunaan yang aman dan efektif. Beberapa produk desinfeksi mengharuskan kita menggunakan alat pelindung diri seperti kacamata, sarung tangan, sesuai arahan dari label produk.
  2. Pastikan ventilasi yang adekuat, seperti jendela yang terbuka atau menggunakan kipas angin.
  3. Gunakan dengan jumlah yang direkomendasikan pada label.
  4. Bila memerlukan proses dilusi  dengan air, gunakan air dengan suhu ruangan.
  5. Penggunaan dan penyimpanan cairan desinfeksi harus dari jangkauan anak-anak dan binatang.
  6. Jangan mencampur satu produk desinfektan dengan jenis desinfektan lainnya
  7. Jangan makan, minum, menghirup atau memasukkan produk desinfeksi ke dalam tubuh dan mengoleskan produk desinfektan pada kulit, karena dapat menimbulkan bahaya yang  serius.
  8. Pertimbangan khusus harus diperhatikan untuk pengguna desinfektan yang memiliki riwayat asma. Beberapa produk desinfektan dapat mencetuskan asma.

Apabila ada anggota keluarga yang terinfeksi Covid-19, gunakan kamar tidur dan kamar mandi yang terpisah.

Bila anggota keluarga yang sakit masih dapat membersihkan rumah, maka sediakan peralatan untu membersihkan dan mendensifeksi ruangan.

2

Apabila tidak memungkinkan menggunakan ruangan yang terpisah, maka area permukaan yang digunakan sebaiknya didesinfeksi setelah digunakan.

Apabila anggota keluarga yang  terinfeksi Covid-19 tidak dapat membersihkan rumah, maka anggota keluarga yang lainnya yang membersihkan rumah  sebaiknya hanya membersihkan dan mendesinfeksi area di sekitar orang yang sakit ketika diperlukan (misal kotor) untuk memabtasi kontak dengan  orang yang sakit. Buka jendela keluar dan gunakan kipas angin untuk meningkatkan sirkulasi udara.

Sampah yang dihasilkan dari orang yang sakit dibuang pada tempat sampah yang terpisah. Gunakan sarung tangan ketika membuang plastik sampah, dan segera mencuci tangan setelahnya.

Ketika anggota keluarga sudah sembuh dari Covid-19, proses pembersihan dan desinfeksi ruangan dapat dilakukan sesuai kebutuhan :

  1. Apabila ruangan akan dipakai kurang dari 24 jam, maka bersihkan dan  desinfeksi semua permukaan area yang digunakan. Gunakan masker saat membersihkan ruangan, buka jendela dan pasang kipas angin untuk membantu meningkatkan sirkulasi udara.
  2. Apabila ruangan baru akan dipakai setelah 24 jam sampai 3 hari : bersihkan permukaan (tidak perlu menggunakan desinfektan).
  3. Apabila ruangan baru akan dipakai setelah 3 hari : tidak memerlukan proses pembersihan khusus, lakukan pembersihan rutin seperti biasa.

Sumber :

  1. https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/prevent-getting-sick/disinfecting-your-home.htm

OLEH : Yopi Hanjoyo SKepNers

Kepala Ruang ICU RSP Sidawangi Prov Jabar

Tags :
Kategori :

Terkait