Saat Banser Ragu Jaga Gereja, Gus Dur Katakan Ini, Bikin Terenyuh

Jumat 21-01-2022,17:10 WIB
Reporter : Tatang
Editor : Tatang

JAKARTA — Saat Banser ragu jaga gereja kemudian bertanya kepada KH Abdurrahman Wahib alias Gus Dur, jawabannya bikin terenyuh.

Aksi terorisme di negeri ini kerap dilancarkan di hari-hari besar umat beragama, termasuk umat kristiani. Gereja tidak jarang jadi sasaran aksi teror ini.

Suatu saat, pernah terjadi seorang Banser bertanya kepada Gus Dur ketika dia merasa ragu untuk jaga Gereja. Banser ini takut terhadap aksi teror kelompok radikal.

Baca juga:

Dengan bijaksana, Gus Dur memberikan pandangannya. Dikatakan Gus Dur, jika muncul keraguan di dalam hati, berpikirlah bahwa yang dijaga ini bukan gereja, melainkan Indonesia.

\"Atau setidaknya, berpikir bahwa yang dijaga adalah kotamu. Tanah kelahiranmu. Sebab setiap gangguan yang terjadi di tanah kelahiranmu, pasti akan berdampak kepadamu,\" imbuh Gus Dur.

Kebijaksanaan Gus Dur ini dikisahkan oleh Kapolres Jombang kala itu, AKBP Agung Marlianto dalam sebuah pengajian dan istighosah bersama yang diselenggarakan Polres bersama GP Ansor Jombang di halaman Kantor Polres setempat, seperti dikutip dari situs NU Online, Jumat (21/1/2022).

2

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait