Pasukan Prabu Siliwangi, Punya 100 Ribu Tentara, Ada Bhayangkara sampai Spesialis Panah

Kamis 17-02-2022,06:25 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

Radarcirebon.com - Pasukan Prabu Siliwangi di masanya adalah salah satu yang terkuat. Bahkan mencakup korps khusus atau kesatuan elit.

Pasukan Prabu Siliwangi ini, jumlahnya mencapai 100 ribu personel. Bahkan para tentara senior, masih sanggup bertahan dan memenangi pertempuran ketika Sri Baduga Maharaja wafat.

Ya, di era Prabu Surawisesa, putra Prabu Siliwangi yang tercatat melakukan 14 kali pertempuran, seluruhnya berhasil dimenangi. Yang membuatnya diberi gelar perwira.

Pasukan Pajajaran diketahui berjumlah 100 ribu personel. Menurut sumber Portugis, jumlah pasukan ini kebanyakan adalah angkatan darat.

Baca juga:

Meski memiliki jumlah pasukan yang demikian banyak, juga benteng kokoh berupa parit-parit yang berada di sekeliling kerajaan. Benteng kokoh ini, sangat sulit ditembus.

Tidak hanya pasukan yang kuat dan besar secara jumlah, Prabu Siliwangi ketika bertakhta juga memperkuat pertahanan kerajaan dengan membangun parit-parit.

2

Tidak lain, parit-parit tersebut adalah strategi untuk bertahan dari serangan musuh yang hendak menyerbu pusat ibu kota Kerajaan Sunda yakni, Pakuan Pajajaran.

Berita berlanjut di halaman berikutnya...

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait