Kerajaan Pajajaran ‘Ngahyang’, Ditemukan Penjelajah Belanda

Sabtu 19-02-2022,06:00 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

Radarcirebon.com - Legenda menyebutkan Prabu Siliwangi ngahyang bersama Kerajaan Pajajaran. Namun, ternyata berhasil ditemukan Belanda.

Bukti-bukti lokasi Kerajaan Pajajaran hingga kini masih menjadi perdebatan, meski diklaim telah ditemukan penjelajah Belanda.

Klaim Kerajaan Pajajaran ditemukan, tidak lepas dari adanya sisa-sisa bebatuan hingga fondasi bekas keraton. Namun, tak jua menghilangkan perdebatan hingga kini.

Masyarakat juga banyak yang masih berpegang teguh pada keyakinan bahwa Prabu Siliwangi moksa. Begitu juga Kerajaan Pajajaran.

Baca juga:

Hal ini tidak lepas dari amanat yang dikenal dengan Uga Wangsit Siliwangi yang mengesankan bahwa Prabu Siliwangi dan Kerajaan Pajajaran menghilang.

Wangsit ini memuat pesan Siliwangi tentang masa depan wacana Pajajaran di masa depan. Juga tentang orang-orang yang berusaha menemukan Kerajaan Pajajaran.

2

Karenanya, banyak yang menolak bukti bahwa Kerajaan Pajajaran ditemukan. Sekalipun terdapat Prasasti Batu Tulis yang dibuat oleh anak dari Prabu Siliwangi.

Berita berlanjut di halaman berikutnya...

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait