Terkait PTM Terbatas Kemenag Tunggu Hasil Rapat

Minggu 13-03-2022,14:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

Radarcirebon.com - KOTA Cirebon masuk status Pemberlakuan Pembelajaran Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3. Untuk itu, sekolah sekolah yang berada di wilayah Kota Cirebon bisa menerapkan kembali pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

Berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) No. 15 Tahun 2022, pelaksanaan pendidikan di wilayah yang menerapkan PPKM level 3 masih mengacu pada Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri Nomor 05/KB/202l, Nomor 1347 Tahun 2021, Nomor HK.01.08/ MENKES/ 6678/ 2021, Nomor 443-5847 Tahun 2021 tentang PanduanPenyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Kasi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Cirebon, H Jajang Badruzzaman MAg mengatakan bahwa dalam ketentuan tersebut maksimal jumlah peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar 50 persen.

Dalam Imendagri itu dijelaskan juga bahwa pelaksanaan pembelajaran di satuan pendidikan dapat dilakukan melalui pembelajaran tatap muka terbatas dan/atau pembelajaran jarak jauh.

BACA JUGA:

Sebelumnya, Kota Cirebon menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) setelah memberlakukan PPKM Level 4 dalam sebulan terakhir. “Kalau dari kami belum ada keputusan, kan nanti rapatnya baru Senin depan dengan Sekda,” ungkap H Jajang saat dihubungi Radar Cirebon.

Selain dengan pemerintah Kota Cirebon, rapat tersebut nantinya juga akan diikuti oleh Dinas Pendidikan Kota Cirebon dan Kantor Cabang Dinas Pendidikan (KCD) Wilayah X Jawa Barat untuk menyepakati apakah kembali ke PTM terbatas atau tetap melanjutkan PJJ. “Kita nunggu hasil rapat saja,” tegasnya.

2

Untuk diketahui, di Kota Cirebon terdapat puluhan lembaga pendidikan di bawah Kementerian Agama yang terdiri dari  8 Madrasah Aliyah (MA), 12 Madrasah Tsanawiyah (MTs), 20 Madrasah Ibtidaiyah (MI) serta 46 Raudhatul Athfal (RA).

Selain itu adapula pesantren dan lembaga pendidikan islam tidak berasrama seperti Diniyah Takmiliyah Awaliyah (DTA) dan Lembaga Pengajian Al Quran (LPQ).

“Sekarang kan sudah seminggu PJJ. Tidak ada yang melaksanakan PTM langsung,” tandasnya. (awr)

BACA JUGA:

Tags :
Kategori :

Terkait