Aksi Sederhana di Rangkaian Harjad ke-450 Kabupaten dan HUT ke-103 Damkar

Senin 21-03-2022,13:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

Pandemi Covid-19 masih menyelimuti Kabupaten Cirebon. Momentum peringatan hari jadi (Harjad) ke-540 Kabupaten Cirebon ke dikemas sederhana. Semua SKPD terlibat di dalamnya. Cara memperingatinya pun berbeda-beda.

SAMSUL HUDA, Sumber

DINAS Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Cirebon misalnya, melakukan aksi bersih-bersih di lahan kosong. Aksi ini melibatkan seluruh personel damkar. Rencananya, 2023 mendatang Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan memiliki kantor baru. Mengingat kondisi kantor saat ini kurang representatif.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Cirebon, Drs H Abdullah Subandi MSi MKes mengatakan, giat bersih-bersih ini dalam rangka memperingati hari jadi ke-540 Kabupaten Cirebon juga peringatan damkar yang memasuki usia 103 tahun ini.

Aksi tersebut bagian dari refleksi bersama bagi personel damkar. “Aksi bersih-bersih ini merupakan instruksi Pak Sekda. Karena suasana masih Covid-19. Jadi kami merayakan HUT keduanya secara sederhana. Namun, penuh makna,” ujar Aab-sapaan akrabnya, Jumat (18/3).

BACA JUGA:

Menurutnya, tugas pemadam kebakaran cukup berat. Semua misi penyelamatan selalu dilibatkan. Dari hal terkecil sampai terbesar. Misalnya, penyelamatan dari gangguan binatang, ular dan hewan buas lainnya. Evakuasi sarang tawon, dan bencana alam lainnya.

2

“Artinya, keberadaan damkar dan penyelematan sangat dibutuhkan ditengah masyarakat. Terlebih masyarakat, saat ini sudah mengerti, mereka mengadu melalui medsos. Dan kami siap memberikan pelayanan untuk masyarakat,” terangnya

Diakuinya, dari postur anggaran, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelematan masih jauh sekali. Tahun ini saja, slot anggarannya hanya Rp5 miliar. Masih minim.

Berita berlanjut di halaman berikutnya:

BACA JUGA:

Tags :
Kategori :

Terkait