3 Olahraga Ini Cegah Asam Lambung Kumat di Pagi Hari

Kamis 24-03-2022,06:40 WIB
Reporter : Iing Casdirin
Editor : Iing Casdirin

Radarcirebon.com, ASAM lambung menjadi penyebab sakit mag, biasanya disertai gejala rasa tidak nyaman di perut, mual hingga muntah.

Terutama di pagi hari ketika baru bangun tidur, asam lambung kerap naik karena konsumsi asupan makanan yang tidak tepat.

Untuk mencegah agar asam lambung tidak naik, perlu diperhatikan konsumsi makanan yang tidak asam dan pedas, istirahat yang cukup, tidak stres dan olah raga.

Jenis olahraga seperti apa yang bisa dilakukan sehingga tidak memicu asam lambung menjadi naik? karena penderita mag juga membutuhkan olahraga untuk kebugaran tubuhnya.

Dikutip dari laman klikdokter.com, dr Ariana Heiyana menjelaskan bahwa untuk para penderita mag, terutama yang sudah terkena GERD, mag kronis, atau luka pada lambung, olahraga tetap harus dilakukan dengan benar. Ini guna mencegah komplikasi atau kekambuhan gejala mag.

Lebih lanjut, dr Arina juga mengatakan, olahraga yang dilakukan dengan tepat bagi penderita mag turut membantu menjaga kestabilan berat badan.

Guna menghindari terjadinya hal tersebut, penderita mag disarankan untuk melakukan olahraga secara rutin dan teratur. Dijelaskan oleh dr. Arina, berikut ini adalah beberapa pilihan olahraga yang baik untuk penderita mag.

2

BERENANG

Ketika berenang, semua otot pada tubuh akan bekerja. Gerakan berenang akan menghindari adanya tekanan pada perut sehingga risiko lonjakan asam lambung atau GERD dapat dihindari.

JALAN SANTAI

Gerakan yang terlalu cepat bisa membuat otot menegang, dan menyebabkan perut mendapat banyak tekanan. Oleh karena itu, daripada memilih olahraga lari, lebih baik lakukan jalan santai.

Anda bisa berjalan santai di sekeliling halaman rumah atau taman, sambil menikmati pemandangan agar stres juga bisa ikut reda. Dengan demikian, penyakit mag yang Anda alami bisa semakin dikendalikan.

YOGA

Latihan pernapasan dan peregangan badan seperti halnya yoga juga baik untuk penderita mag.

Dengan meregangkan otot di sekitar perut, tekanan yang ada dalam lambung pun akan berkurang.

Tags :
Kategori :

Terkait