Kompetisi Liga 2 Indonesia Dihentikan, Persipura Layangkan Surat Somasi ke PSSI

Rabu 18-01-2023,06:00 WIB
Reporter : Moh Junaedi
Editor : Moh Junaedi

JAYAPURA, RADARCIREBON.COM – Dihentikannya kompetisi Liga 2 Indonesia secara sepihak, manajemen Persipura melayangkan surat somasi ke PSSI.

Menurut Manajer Persipura Yan Mandenas, surat somasi tersebut sudah dikirim langsung ke PSSI di Gedung GBK Arena, Senayan, Jakarta.

Mandenas mengatakan, tembusan surat somasi Persipura terhadap PSSI juga disampaikan kepada Menpora Zainudin Amali sebagai perwakilan pemerintah.

BACA JUGA:Rugikan Negara, Dodi Martimbang Mantan GM Unit Bisnis PT Antam Resmi Ditahan KPK

Kemudian Komisi X DPR RI sebagai mitra kerja PSSI dan PT. LIB tetapi juga FIFA sebagai federasi sepak bola dunia serta AFC sebagai federasi sepak bola Asia.

"Apa yang kami lakukan adalah sebagai bentuk ketidakpercayaan kami terhadap PSSI dan surat somasi kami juga sampaikan ke FIFA, AFC, Menpora dan Komisi X DPR RI," katanya dikutip Antara via fin.co.id pada Selasa, 17 Januari 2023.

Dia menjelaskan poin penting yang tertuang pada surat somasi tersebut menyebutkan keputusan rapat komite eksekutif itu berpotensi merugikan klub, pemain dan ofisial mengingat persiapan yang telah dilakukan oleh klub untuk dapat berprestasi di Liga 2 musim 2022/2023.

BACA JUGA:Sejumlah Mobil Milik Lukas Enembe Ditahan KPK

"Kami juga mempertanyakan transparansi PSSI dalam membuat keputusan sebagaimana dimaksud pada rapat komite eksekutif.”

“Hingga kini kami tidak pernah mengetahui nama-nama klub yang meminta agar kompetisi tersebut tidak dilanjutkan kembali," katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya juga mempertanyakan penjelasan Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi terkait keputusan rapat komite eksekutif karena tidak ada kegentingan yang memaksa PSSI untuk menghentikan Kompetisi Liga 2.

BACA JUGA:Polda Metro Jaya Tetapkan Tiga Tersangka Kasus Keracunan Satu Keluarga di Bekasi

Terkait itu, pihaknya berpendapat masih ada solusi lain yang dapat ditempuh oleh PSSI untuk melanjutkan liga 2 bahkan bersedia berkomunikasi dengan seluruh klub peserta liga 2.

"Faktanya rapat antar pemilik klub peserta Kompetisi Liga 2 pada 14 Desember 2022 setuju agar kompetisi dilanjutkan dengan melakukan beberapa penyesuaian," ujarnya.

Selanjutnya kata dia, pihaknya meminta agar PSSI dalam waktu tujuh hari sejak tanggal surat ini dibuat untuk membatalkan keputusan rapat komite eksekutif pada 12 Januari 2023 perihal penghentian kelanjutan kompetisi Liga 2 musim 2022/2023.

Serta mengadakan pertemuan khusus antara PSSI, operator pertandingan dan para klub peserta Kompetisi liga 2 guna menentukan format baru sebelum melanjutkan kompetisi.   (jun)

Kategori :