Tak Mau Kalah, Salah Satu Orang Terkaya di Inggris Ajukan Tawaran untuk Beli Manchester United

Minggu 19-02-2023,05:00 WIB
Reporter : Moh Junaedi
Editor : Moh Junaedi

LONDON, RADARCIREBON.COM – Pasca Emir Qatar Sheikh Jassim Bin Hamad Al Thani dan konsorsium Arab Saudi, sekarang giliran miliarder Inggris, Sir Jim Ratcliffe dilaporkan resmi mengajukan tawaran untuk membeli Manchester United.

Penawaran yang diajukan Sir Jim Ratcliffe dikonfirmasi oleh Grup INEOS, yang merupakan perusahaan miliknya sendiri.

BACA JUGA:Mau Bergabung ke IKN? Badan Otorita Ibu Kota Nusantara Buka Lowongan PPNPN 2023, Nih Syaratnya

Keluarga Glazer sebagai pemilik Manchester United saat ini ingin menjual kepemilikan klub Liga Premier Inggris tersebut sejak mereka akuisisi 20 tahun lalu.

"Kami akan melihat peran kami sebagai penjaga jangka panjang Manchester United atas nama para penggemar dan masyarakat luas," kata INEOS dalam pernyataan mereka dikutip AFP sebagaimana dilansir Antara via fin.co.id, Minggu 19 Februari 2023.

"Kami ambisius dan sangat kompetitif serta ingin berinvestasi di Manchester United untuk kembali menjadikan mereka klub nomor satu di dunia."

BACA JUGA:Akhirnya Terungkap, Inilah Salah Satu Penyebab Kericuhan Suporter Pasca Laga PSIS vs Persis Solo

Diketahui, Sir Jim Ratcliffe sendiri merupakan salah satu orang terkaya di Inggris yang memiliki INEOS dan merupakan perusahaan petrokimia raksasa.

Grup INEOS sendiri memiliki tim sepeda INEOS Grenadiers, klub Ligue 1 Prancis Nice, klub liga super Swiss FC Lausanne-Sport dan memiliki sepertiga saham tim Mercedes Formula 1.

Sebelumnya, pada akhir batas waktu awaran awal yang ditetapkan keluarga Glazer, Sheik Jassim Bin Hamad Al Thani resmi mengajukan tawaran mereka melalui Nine Two Foundation miliknya.

 BACA JUGA:Siap-siap! Tiket Kereta Api Angkutan Lebaran 1444 H Sudah Bisa Dipesan Per 26 Februari 2023

Emir Qatar Sheikh Jassim Bin Hamad Al Thani ingin membeli 100 persen kepemilikan Manchester United.

Sheikh Jassim mengajukan tawaran melalui Nine Two Foundation miliknya dan akan benar-benar bebas utang.

Bila dia menjadi pemilik baru Manchester United akan berinvestasi ke tim sepak bola, fasilitas latihan, stadion dan infrastruktur yang lebih luas.

BACA JUGA:Dosen ITB: Kemunculan Gunung Laut di Selatan Pacitan Sudah Terprediksi 17 Tahun Lalu

Sheikh Jassim adalah putra dari mantan Perdana Menteri Qatar, Sheikh Hamad bin Jassim bin Jaber Al Thani yang merupakan salah satu orang terkaya di Qatar.

Bila terjadi, maka ini akan melampaui kesepakatan olahraga terbesar saat pengusaha Amerika Serikat Todd Boehly membeli Chelsea dari Roman Abramovic.

Keluarga Glazer membeli Manchester United dengan nilai 790 juta poundsterling pada 2015. (jun)

 

Kategori :