Sambut Bulan Suci Ramadhan 1444, PMII UNU Cirebon Gelar Istighosah dan Santunan Anak Yatim

Rabu 22-03-2023,14:30 WIB
Reporter : Dedi Haryadi
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhani 1444 H, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) UNU Cirebon melakukan refleksi dengan melaksanakan istighosah atau doa bersama dan santunan anak yatim sebagai bentuk kepedulian, Selasa (21/03/2023) di Keraton Kasepuhan Cirebon.

Acara penyambutan bulan suci Ramadhani ini, diharapkan dapat menjadi ajang silaturahmi bagi seluruh elemen masyarakat khususnya di lingkungan Mahasiswa, PMII, dan Organisasi Mahasiswa lainnya.

Dalam sambutannya, Kapolsek Lemahwungkuk, Iptu Wawan Hermawan, SH menyampaikan pesan kepada PMII UNU Cirebon, dan seluruh elemen masyarakat untuk menjaga soliditas dalam melaksanakan kegiatan positif agar tetap berjalan beriringan.

“Saya berpesan kepada semua teman-teman PMII, Mahasiswa, dan masyarakat agar tetap menjaga satu kesatuan utuh NKRI, jangan sampai terpecah. Gunakan waktu untuk melaksanakan kegiatan positif agar terus berjalan bersama atau beriringin,” pesannya.

BACA JUGA: Toko Baju Katun di Cirebon, Sekarang Sudah Ada Zalmore di Yogya Junction

BACA JUGA: Sandy Kristian dan Michael Nolan Juara KOMATFIS Nasional di Universitas Tarumanegara

Dalam kegiatan Istighosah dan santunan anak yatim tersebut, para peserta dan tamu undangan bersama-sama membacakan doa dan mengharapkan keberkahan serta ampunan dari Allah SWT. 

2

Menurut Pangeran Raja Fatih Nusantara, kegiatan ini merupakan salah satu titipan dari Sunan Gunung Djati.

"Kegiatan positif dan titipan, beliau Sunan Gunung Jati berpesan "Ingsun Titip Tajug Lan Fakir Miskin". Seharusnya kita jaga dan jalankan amanah ini," katanya.

Beliau berharap, kegiatan ini dapat menjadi bagian dari tradisi masyarakat atau mahasiswa PMII setiap tahunnya, sehingga dapat memperkuat syiar Islam dan meningkatkan keberkahan di lingkungan sekitar.

BACA JUGA: Ganjar Pranowo Ziarahi Makam Sunan Gunung Jati Jelang Ramadan

BACA JUGA: Jelang Pemilu 2024, Ridwan Kamil Ajak Warga Jawa Barat Satukan Persepsi

“Beranjak dari jiwa sosial yang ada pada Kader-kader PMII UNU Cirebon, semoga isi dari acara menyambut bulan suci Ramadhan ini tidak hanya upacara saja, ada harapan bagaimana Kader-kader PMII UNU Cirebon,” kata Aunillah, Ketua Komisariat PMII UNU Cirebon.

Aun berharap, semuanya bisa mengimplementasikan apa yang sudah menjadi keharusan dalam dunia sosial di masyarakat. Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan memperkuat ukhuwah Islamiyah di lingkungan sekitar.

Acara tersebut, juga dimeriahkan dengan oleh penampilan pencak silat pagar nusa. Dihadirkan oleh beberapa tokoh agama, Rois syuriah PCNU Kota Cirebon KH. Miftah Faqih, Kapolsek Lemahwungkuk Iptu Wawan Hermawan, SH, Pangeran Raja Fatih Nusantara sebagai perwakilan dari Keraton Kasepuhan dan Tokoh Masyarakat.

Kategori :