Penerbangan Bandara Husein Sastranegara Bertahap Pindah ke Kertajati, Dimulai dari Pesawat Jet

Minggu 09-04-2023,18:00 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

Meski bila melihat kondisi di lapangan, Bandara Kertajati sudah sangat siap melayani penerbangan internasional maupun domestik.

Apalagi dengan adanya dukungan dari Tol Cisumdawu yang akan beroperasi secara penuh pada akhir mei 2023 nanti.

Muhammad Awaludin menambahkan, pada dasarnya Bandara Kertajati sudah sangat siap untuk menjadi hub penerbangan. Sebab, kendala selama ini adalah belum tersambungnya Tol Cisumdawu.

"Tapi mulai 15 April sudah beroperasi meski beberapa ruas masih fungsional. Secara kesiapan sudah sangat siap, berkaitan infrastruktur dan penudukung lainnya mulai taxi way, runway," tandasnya.

BACA JUGA:Studi Terbaru, Metode Seprotan Hidung Lebih Baik Disuntik dalam Vaskinasi Covid-19

Disampaikan Awaludin, dengan runway yang dimiliki Bandara Kertajati, penerbangan internasional menjadi sangat terbuka.

Apalagi, bandara ini sudah punya lisensi internasional dan pada 15 April juga 9 Mei akan ada penerbangan umrah. Disusul penerbangan haji untuk embarkasi dan debarkasi.

"Artinya sudah tidak ada kendala. Penerbangan secara reguler akan berpindah ke Kertajati secara bertahap pesawat jet akan pindah semua ke Kertajati," bebernya.

2

Sedangkan untuk Bandara Husein akan berfungsi untuk pesawat propeler sampai 1 tahun ke depan dan maskapai akan bertahap pindah.

BACA JUGA:28 Bocah Belasan Tahun asal Indonesia Bakal Tampil di Gothia Cup 2023

"Itu dibuktikan 17 Mei AirAsia sudah akan terbang ke Kuala Lumpur. Memang secara bertahap bandara ini akan dioptimalkan setelah Tol Cisumdawu terhubung," tandasnya. 

Kategori :