Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi UGJ Dibekali Kemampuan Table Manner

Selasa 27-06-2023,19:30 WIB
Reporter : Khoirul Anwarudin
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi salah satunya disiapkan untuk bekerja sebagai public relations atau praktisi kehumasan. Diantara kompetensi yang harus dimiliki, adalah dasar dasar table manner atau etiket jamuan makan.

Hal itulah yang mendasari Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UGJ Cirebon untuk menggelar pelatihan Table Manner, minggu (25/6/2023). Kegiatan bertema Get Your Own Glow tersebut digelar di Swissbell-Hotel Cirebon.

Kepala Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UGJ Cirebon, DR Farida Nurfalah SSos MSi, menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan table manner ini, dimaksudkan sebagai praktik kompetensi menjadi seorang public relations. Dimana praktik ini merupakan implementasi dari mata kuliah Etika dan Profesi Humas dan mata kuliah MC dan Keprotokolan

Sedikitnya ada 155 peserta yang mengikuti kegiatan praktik table manner tersebut. Dimana, kompetensi table manner merupakan satu dari sekian banyak kompetensi yang harus dimiliki seorang Public Relations.

BACA JUGA:Ketika Teroris Bersenjata Beraksi di Cirebon, Langsung Dilumpuhkan Pasukan Elite TNI AL

BACA JUGA:Latih Naluri Tempur, 120 Prajurit Kodim 0614/Kota Cirebon Ikuti Latihan Menembak

"Praktik ini untuk menambah wawasan para mahasiswa terkait bagaimana menyelenggarakan sebuah acara kegiatan yang melibatkan orang banyak," katanya.

Bukan hanya dibekali etika makan dan berperilaku di meja makan lanjut Farida, mahasiswa juga telah dibekali kompetensi mengorganisasi sebuah acara. Dimana seluruh persiapan kegiatan pelatihan tersebut dibuat langsung oleh para mahasiswa sebagai panitia.

Sementara itu, Dekan FISIP UGJ Siti Khumaya S.E M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa  Table Manner akan memberikan karakter postif dan baik, yang akan melekat pada diri masing-masing.

Menurutnya, hasil dari pemahaman table manner memiliki makna dan manfaat, sebagai bekal diri sendiri saat berhadapan dengan pejabat maupun orang penting saat menghadiri event.

"Suatu saat ketika kita berhadapan dengan tamu kenegaraan kita sudah siap, menunjukkan ke profesional, pribadi dan karakter kita, tunjukkan kita punya kepribadian yang bisa dipertanggungjawabkan, menambah wawasan keilmuan, kualitas diri yang lebih profesional," Pungkasnya. (awr/opl)

BACA JUGA:Kapal Nelayan Pati dan Rembang Dibakar di Kalbar, Diduga Ada Perebutan Wilayah Penangkapan Ikan

BACA JUGA:Ratusan Bikers Meriahkan Satu Dekade CBR Club Indonesia (CCI) Purwakarta

Kategori :