Inovasi Produk Bahan Pangan Lokal Lewat Diseminasi Akselerasi

Jumat 10-11-2023,09:30 WIB
Reporter : Apridista S Ramdhani
Editor : Tatang Rusmanta

Inovasi Produk Bahan Pangan Lokal Lewat Diseminasi Akselerasi

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Program Studi DIII Gizi Cirebon, Poltekes Kemenkes Tasikmalaya mengadakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM).

PKM kali ini berlangsung di SMAN 1 Beber dan IIBS Fajar Hidayah Kabupaten Cirebon, beberapa waktu lalu.

Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari kegiatan tahun 2022 dengan SEAMEO RECFON tentang NGTS (Nutrition Goes To School), sehingga kerjasama antara Prodi DIII Gizi Cirebon dengan dua sekolah tersebut telah dilaksanakan sejak tahun lalu. 

Tujuan kegiatan ini untuk memanfaatkan kebun sekolah sebagai bahan dasar untuk membuat inovasi produk unggulan sekolah.

BACA JUGA:6 Truk Tabrakan Beruntun di Gebang Kulon Cirebon, Dipicu Trailer Hilang Kendali

BACA JUGA:Bima Sakti Percaya Anak Asuhnya Bisa Dapatkan Hasil Maksimal Saat Laga Kontra Ekuador

2

Pada tanggal 11 Oktober 2023, acara dilaksanakan di SMAN 1 Beber, dibuka pukul 09.00 WIB dipandu oleh Lufi NA.

Sambutan pun disampaikan oleh Yandi Wahyu Hidayat SPd selaku Wakasek Kurikulum mewakili Kepala Sekolah SMAN 1 Beber, dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua Program Studi DIII Gizi Cirebon sekaligus Ketua Tim PkM, Uun Kunaepah SST MSi. 

Pemaparan materi tentang klaim produk pangan pun disampaikan oleh Dr Hj Wiwit estuti STP MSi selaku tim pengabmas serta dosen Gizi dan Pangan di Prodi DIII Gizi Cirebon.

Ia menuturkan klaim yang dimaksud disini adalah segala bentuk uraian yang menyatakan, menyarankan atau secara tidak langsung menyatakan perihal karakteristik tertentu suatu pangan yang berkenaan dengan asal usul, kandungan gizi, sifat, produksi, pengolahan, komposisi atau faktor mutu lainnya.

BACA JUGA:Inilah Hasil Pembahasan Pertemuan Pemprov Jabar dengan JICA, Salahsatunya Soal Pembangunan Kawasan Rebana

Pentingnya pemilihan dan pembuatan kemasan pangan, pelabelan dan HAKI Produk Pangan disampaikan secara rinci dalam kegiatan ini.

"Pemilihan kata, warna, foto, logo dalam kemasan pangan sangat penting, bukan hanya untuk menarik minat pembeli namun juga harus disertai dengan aturan-aturan lain seperti peringatan tentang bahan yang mengandung allergen, penyimpanan produk yang baik dan sebagainya," tuturnya.

Pemaparan mengenai Pangan Lokal pun disampaikan oleh Isnar Nurul Alfiyah SGz M Gizi, selaku dosen dari Program Studi Gizi Cirebon dan juga Tim Pengabmas.

Kategori :