Demi Kemajuan Daerah, Pemkot Cirebon Prioritaskan Capaian Indikator Makro

Rabu 24-07-2024,22:00 WIB
Reporter : Dedi Haryadi
Editor : Moh Junaedi

CIREBON, RADARCIREBON.COM  - Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon telah melakukan upaya nyata dalam melakukan penanganan pada indikator makro.

Mulai dari penanganan inflasi, stunting, pengangguran, dan kemiskinan ekstrim, hingga peningkatan layanan publik.

Hal tersebut disampaikan Penjabat (Pj) Wali Kota Cirebon, Drs H Agus Mulyadi MSi dalam rapat pendampingan capaian indikator makro yang digelar di Ruang Rapat Prabayaksa Balai Kota Cirebon, Rabu 24 Juli 2024.

Kegiatan dihadiri Kepala BKD Provinsi Jawa Barat, H Sumasna ST MUM, Pj Sekda Kota Cirebon, M Arif Kurniawan ST, para kepala perangkat daerah, dan lainnya.

BACA JUGA:Pilih Thailand atau Malaysia? Indra Sjafri Bilang Begini - Semifinal Piala AFF U19 2024

BACA JUGA:Melihat Potensi di Masa Depan, BIJB Kertajati Majalengka Berpotensi Jadi Bandara Haji dan Umroh

BACA JUGA:Hasil Bahtsul Masail Pesantren se-Jabar: Dorong Pemerintah Revisi Aturan Wajib Ikut Tapera

Dalam rapat tersebut, Pj Wali Kota menyampaikan, permasalahan seperti kemiskinan, pengangguran, stunting, ketahanan pangan, dan inflasi masih menjadi tantangan besar bagi Pemerintah Daerah khususnya Pemkot Cirebon.

"Penanganan permasalahan ini membutuhkan SDM yang kompeten dan profesional di berbagai sektor," ujarnya.

Menurut Pj Wali Kota, Kota Cirebon telah melakukan upaya nyata dalam melakukan penanganan pada 10 indikator.

Diantaranya penanganan inflasi, stunting, pengangguran, dan kemiskinan ekstrim, penyehatan BUMD, peningkatan layanan publik, perizinan dan kesehatan, optimalisasi penyerapan anggaran, serta melaksanakan beberapa program unggulan.

BACA JUGA:2 laptop, 1 Helm Digasak Maling, Kejadian Hari Ini di Baitul Mal Hidayatullah Cirebon

BACA JUGA:Komentar Saka Tatal Usai Sidang PK, Titin Terharu Terkenang Sidang 7 Tahun Lalu

Salah satu program unggulan yang diterapkan adalah sistem merit. Untuk diketahui, sistem merit adalah salah satu upaya dan solusi untuk menghasilkan SDM yang kompeten dan profesional.

Sistem merit menekankan pada objektivitas, transparansi, dan akuntabilitas dalam proses rekrutmen, pengembangan, dan promosi pegawai.

"Kami yakin bahwa dengan penerapan sistem merit secara konsisten dan berkelanjutan, kita dapat menghasilkan SDM yang kompeten dan profesional yang mampu berkontribusi secara signifikan dalam upaya kemiskinan, pengangguran, stunting, ketahanan pangan, dan inflasi," jelasnya.

Pj Wali Kota mengimbau agar seluruh perangkat daerah untuk bersama kolaborasi, kerja keras untuk mewujudkan capaian indikator yang maksimal.

BACA JUGA:Rayakan Anniversary ke-11 PLESTRIC Cirebon Gelar Family Gathering dan Touring Wisata

BACA JUGA:Pelindo Gelar Port Media Visit

Menurutnya, ada beberapa indikator yang sudah baik supaya bisa dipertahankan, yang belum baik bisa ditingkatkan.

"Jadi tidak hanya maksimal, tapi capaian indikator diharapkan dapat mendukung akselerasi Jawa Barat termaju bisa terwujud," imbaunya.

Sementara itu, Kepala BKD Provinsi Jawa Barat, H Sumasna ST MUM mengapresiasi capaian indikator Kota Cirebon dalam penurunan angka prevalensi stunting.

BACA JUGA:Dukung Perjuangan Saka Tatal, Berikut Ini Pernyataan Toni RM Pengacara Pegi Setiawan

Berdasarkan pencatatan rutin di Posyandu yang bisa di- tracking by name by address di Kota Cirebon terus mengalami penurunan sejak tahun 2021 sebesar 13,04 persen. Lalu tahun 2022 12,8 persen, dan tahun 2023 11,66 persen.

"Keren, angkanya mengalahkan presentase kasus stunting di Jawa Barat pada 2021 dan 2022. Pola yang dilakukan di tahun tersebut bisa dipelajari lagi agar target prevalensi stunting 14 persen pada 2024 akan tercapai, kita harus optimis," tuturnya. (*)

Kategori :