UGJ Terjunkan 1.242 Mahasiswa ke Desa Ikuti KKN-T

Kamis 15-08-2024,12:30 WIB
Reporter : Abdullah
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) resmi melepas 1.242 mahasiswa untuk mengikuti Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Semester Ganjil Tahun 2024/2025 pada Selasa (13/8/2024).

Acara pelepasan ini digelar dengan penuh semangat dan mengusung tema "Gotong Royong Membangun Desa," yang akan berlangsung dari 13 Agustus hingga 17 September 2024.

Ketua Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) UGJ, Dr Ipik Permana SIP MSi menyampaikan bahwa kegiatan KKN-T kali ini akan dilaksanakan di berbagai wilayah, termasuk satu kecamatan dan dua kelurahan di Kota Cirebon, sembilan kecamatan dan 41 desa di Kabupaten Cirebon, serta enam kecamatan dan 29 desa di Kabupaten Kuningan.

Tema ini, menurut Ipik, menekankan pentingnya kolaborasi dan kerja sama dalam mengembangkan potensi mahasiswa serta peran aktif Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dalam meningkatkan perekonomian, kualitas hidup, dan pemberdayaan masyarakat.

BACA JUGA:Dedi Mulyadi Disambut Histeris Puluhan Ribu Warga Tasikmalaya

Ipik menambahkan bahwa KKN ini bertujuan untuk memperkuat kemampuan mahasiswa dalam bekerja sama dan berkolaborasi dengan masyarakat setempat, sekaligus memberikan kontribusi nyata dalam membangun desa.

Rektor UGJ, Prof Dr H Achmad Faqih SP MM menegaskan bahwa KKN Tematik dengan tema "UGJ Gotong Royong Membangun Desa" merupakan bentuk pengabdian nyata yang harus dilakukan oleh mahasiswa dan DPL.

2

Oleh karena itu, Faqih berharap melalui kegiatan ini, mahasiswa dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam membangun desa dan menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada.

“Kolaborasi Pentahelix, yaitu kerja sama antara pemerintah, akademisi, pelaku bisnis, komunitas, dan media, diharapkan dapat memperkuat dampak kegiatan pengabdian ini, khususnya dalam meningkatkan perekonomian desa dan menciptakan perubahan positif di setiap desa yang menjadi lokasi KKN,” kata Faqih.

BACA JUGA:Tujuan Wisata Baru di Kuningan, 15 ODCB Berpotensi Menjadi OCB

Ketua Yayasan Pendidikan Swadaya Gunung Jati (YPSGJ), Prof Dr Mukarto Siswoyo MSi menilai bahwa tema tahun ini sangat tepat untuk menggerakkan mahasiswa dalam melakukan asesmen kebutuhan masyarakat, merumuskan solusi bersama, dan melaksanakan evaluasi atas hasil yang dicapai.

“To help the people, to help themself,” tegas Mukarto.
Tema ini, kata Mukarto, menggambarkan peran mahasiswa dalam membantu masyarakat mengidentifikasi masalah dan mengembangkan solusi yang berkelanjutan.

Acara pelepasan ini menandai dimulainya perjalanan KKN-T UGJ Semester Ganjil Tahun 2024/2025, di mana para mahasiswa diharapkan mampu memberikan dampak positif dan nyata bagi masyarakat di wilayah-wilayah yang menjadi lokasi pengabdian mereka. (abd/adv)

BACA JUGA:Tujuan Wisata Baru di Kuningan, 15 ODCB Berpotensi Menjadi OCB

Kategori :