Mengingat Perjuangan Pahlawan, Ramah Tamah Pj Wali Kota Cirebon Bersama Perintis Kemerdekaan

Sabtu 17-08-2024,12:33 WIB
Reporter : Dedi Haryadi
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON, RADARCIREBON.COM – Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79, Penjabat (Pj) Wali Kota Cirebon, Drs H Agus Mulyadi MSi menggelar acara ramah tamah bersama para perintis kemerdekaan di Rumah Dinas Wali Kota Cirebon, Jumat (16/8/2024).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), para kepala perangkat daerah, serta undangan lainnya.

Pj Wali Kota menyampaikan apresiasi yang mendalam kepada seluruh anggota Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Cirebon yang hadir.

"Kehadiran para Veteran di sini tentu saja tidak bisa dilepaskan dari sejarah perjuangan rakyat Indonesia, khususnya rakyat Cirebon, dalam merebut, mempertahankan, dan menegakkan kemerdekaan serta kedaulatan bangsa Indonesia," ujarnya.

BACA JUGA:Dirgahayu RI ke-79, Berikut Sederet Kontribusi BRI Untuk Negeri

Pj Wali Kota juga menekankan pentingnya penghayatan terhadap nilai-nilai kepahlawanan yang diwariskan oleh para perintis kemerdekaan. Menurutnya, perjuangan dan pengorbanan yang telah dilakukan oleh para pendahulu harus terus diingat dan dijadikan teladan bagi generasi penerus.

"Saya berharap legiun veteran akan senantiasa bersama kami sebagai komponen bangsa untuk saling bahu membahu mewujudkan cita-cita proklamasi 17 Agustus 1945," tuturnya.

Lebih lanjut, Pj Wali Kota mengajak seluruh masyarakat untuk meneladani semangat dan pengabdian para veteran yang telah memberikan sumbangsih besar bagi kemerdekaan Indonesia.

"Kita berharap kolaborasi seperti ini dapat terus dilakukan, sebagai wujud gotong royong dan kebersamaan yang merupakan nilai dasar bangsa Indonesia," imbuhnya.

BACA JUGA:Hormat Grak! Pengendara di Alun-alun Kejaksan Kompak Berhenti

Dalam kesempatan yang sama, Pj Wali Kota juga mengapresiasi berbagai kegiatan yang telah dilakukan oleh para veteran selama ini. Menurutnya, melalui berbagai aktivitas yang dijalankan, para veteran menunjukkan bahwa tidak ada akhir untuk pengabdian dan perjuangan memajukan bangsa dan negara.

 "Berkarya dan berbakti untuk nusa bangsa adalah tanggung jawab seumur hidup yang tidak bisa dihalangi oleh apapun. Para veteran telah menunjukkan kerja dan teladannya," tegasnya.

Dalam penutupnya, Pj Wali Kota menegaskan pentingnya peran generasi muda dalam melanjutkan perjuangan para veteran. "Di momen yang penuh kebahagiaan ini, berbekal teladan yang ditunjukkan oleh para veteran, saya mengajak kita semua untuk tetap bersemangat melakukan berbagai kerja-kerja produktif dan bangkit meraih cita-cita bangsa," katanya.

Ketua DPC LVRI Kota Cirebon, H Abdul Rosyid, menyampaikan bahwa saat ini jumlah perintis kemerdekaan yang tergabung dalam LVRI Kota Cirebon mencapai 58 orang, dengan 3 di antaranya merupakan veteran perdamaian. Ia mengajak seluruh undangan yang hadir untuk terus menghormati dan mengenang perjuangan para leluhur dalam meraih kemerdekaan.

BACA JUGA:Bocoran 14 Pemain Abroad yang Dipanggil Timnas Indonesia, Maarten Paes Masuk?

"Kita semua harus senantiasa mengingat dan menghormati perjuangan para pendahulu kita. Mereka telah berkorban demi kemerdekaan yang kita nikmati saat ini," ujar H Abdul Rosyid.

Acara ramah tamah ini berlangsung dengan penuh keakraban dan rasa hormat. Semua yang hadir tampak antusias mendengarkan pesan-pesan penuh inspirasi dari para perintis kemerdekaan yang telah menjadi saksi sejarah perjuangan bangsa Indonesia. (rdh)

Kategori :