RS Hasan Sadikin Bakal Berikan Pelayanan Pengobatan Gratis Untuk 3000 Pasien di Kabupaten Cirebon

Kamis 22-08-2024,10:00 WIB
Reporter : Cecep Nacepi
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON, RADARCIREBON COM   - Perwakilan Rumah Sakit (RS) Dr Hasan Sadikin Bandung datangi kantor Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata (Dibudpar) Kabupaten Cirebon, Abraham Mohammad MSi, pada Rabu siang (21/8/2024).

Kedatangan dari Direktur SDM, Rumah Sakit Hasan Sadikin dr. Fitra Hergyana, MHKes., Sp.DV., MM dan Manajer Pelayanan Medik Dr. dr. Fiva Aprilia Kadi, SpA(K). M.Kes berkordinasi dengan Abraham Mohammad MSi untuk menggelar kegiatan HUT RS Hasan Sadikin yang ke 101 tahun.

Dalam kegiatan itu. Nantinya akan menggelar pelayanan pengobatan gratis untuk 3.000 masyarakat umum. Kegiatan itu akan diadakan selama dua hari di Stadion Ranggajati, Kecamatan Sumber. Yakni pada tanggal 28 September dan 29 September 2024.

"Ini pertemuan yang kedua kami. Yang pertama, sudah diawali dengan diterima oleh Pak Sekda Kabupaten Cirebon Hilmi Riva'i. Pada dasarnya, ini dalam rangka HUT RS Hasan Sadikin ke 101, yang kebetulan bakti sosialnya fokusnya, di Kabupaten Cirebon," kata Abraham Mohammad yang juga sebagai Pemilik PT Citra Lestari Propertindo.

BACA JUGA: Kompetisi Pemadam Kebakaran 2024, Upaya Disdamkarmat Kabupaten Cirebon Asah Ketangkasan Penanggulangan Kebakaran

Abraham Mohammad menjelaskan, alasan bakti sosial tersebut melalui dirinya adalah karena personalitasnya. Ia sebagai Pemilik PT Citra Lestari Propertindo akan mensponsori dan mendukung pengobatan gratis yang akan mendatangkan sekitar 100 dokter spesialis. 

"Kami mensponsori dan mendukung, ini semata-mata demi rakyat Kabupaten Cirebon. Jadi, saya harap tidak hanya sebatas pengobatan yang dua hari itu. Kalau nanti ada masyarakat yang sakit, atau sakitnya parah, itu bisa dirujuk ke rumah sakit Hasan Sadiki," terangnya .

2

Ia kembali berharap, dengan adanya sinyal baik dari RS Hasan Sadikin ini, SKPD terkait, seperti Dinas Kesehatan, Puskesmas, dan juga para camat agar ikut membantu, semata-mata demi mata kesehatan masyarakat Kabupaten Cirebon.

Sementara itu, Direktur SDM Rumah Sakit Hasan Sadikin dr. Fitra Hergyana, MHKes., Sp.DV., MM mengatakan, rencananya akan menggelar bakti sosial dalam rangka HUT RS Hasan Sadikin ke 101 tahun. Nantinya ada 101 pelayanan dan juga edukasi terhadap masyarakat. 

BACA JUGA: Pelatih Neil Critchley Dipecat Blackpool, Semoga Tak Berdampak Negatif Bagi Elkan Baggott

Dari 101 pelayanan kesehatan itu mulai dari pemeriksaan, vaksinasi, ada para spesialis anak, spesialis jantung, dan spesialis penyakit dalam. Tentunya, pelayanan itu terbuka untuk umum.

“Kita merencanakannya, dengan Pak Kadis ini (menggelar pengobatan gratis untuk) 3000 pasien. kami akan membawa sekitar 100 lebih para dokter spesialis dan Profesor dari Bandung untuk ke Kabupaten Cirebon,” jelasnya

Ia menjelaskan, bahwa RS Hasan Sadikin merupakan rujukan nasional. Oleh karena itu, tidak hanya di Bandung saja, tetapi juga melaksanakan Bakti Sosial di Kabupaten dan Kota.

"Kabupaten Cirebon ini merupakan perbatasan antara Jawa Barat dan Jawa Tengah. Sehingga, kami ingin para pasien dari Ciayumajakuning ini untuk berobatnya ini cukup ke Cirebon. Setelah bakti sosial ini pun, kami mengadakan Pengampuan kesehatan dan pendidikan kedokteran di wilayah kabupaten Cirebon," tandasnya. (cep)

BACA JUGA: Ada Perbaikan Rel KA, PT KAI Daop 3 Cirebon: Mohon Maaf atas Terganggunya Perjalanan

Kategori :