Kedepankan Khazanah Budaya dan Islam, Pawai Ta’aruf MTQ Ke-56 Tingkat Kota Cirebon

Kamis 29-08-2024,14:00 WIB
Reporter : Azis Muhtarom
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-56 tahun 2024 tingkat Kota Cirebon dimulai dengan Pawai Ta'aruf yang berlangsung di Alun-alun Kebumen pada Rabu (28/8).

Pawai Ta'aruf ini merupakan ajang untuk mempererat silaturahmi antar kafilah serta menampilkan berbagai kreasi yang mencerminkan khazanah budaya dan Islam.

Acara ini dihadiri oleh Pj Sekretaris Daerah Kota Cirebon, M Arif Kurniawan ST, bersama sejumlah kepala perangkat daerah Kota Cirebon dan Forkopimda Kota Cirebon.

"Melalui kegiatan ini, saya berharap silaturahmi antar kafilah dapat terjalin dan berbagai kreasi yang menarik dapat ditampilkan, sehingga khazanah budaya dan Islam dapat terefleksi dengan baik," kata Pj Walikota Cirebon, Drs. H Agus Mulyadi MSi.

BACA JUGA:Pilbup Kuningan 2024: Dian-Tuti Didukung Paling Banyak Parpol

Agus Mulyadi mengingatkan bahwa MTQ adalah bagian dari program pembangunan bidang agama yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pengembangan nilai keagamaan di masyarakat.

"Setiap rangkaian kegiatan MTQ tidak boleh dipandang sebagai seremoni belaka, tetapi harus dimaknai sebagai momentum untuk meningkatkan kesadaran beragama yang lebih humanis dan terbuka, serta sebagai bentuk dakwah untuk menyempurnakan akhlak kaum muslimin," sebutnya.

2

Pj Walikota juga mengimbau kepada seluruh peserta Pawai Ta’aruf untuk menjaga ketertiban dan keamanan selama acara.

"Atas nama Pemerintah Daerah Kota Cirebon, saya berharap seluruh peserta dapat menjaga motivasi dan semangat dalam pelaksanaan kegiatan ini," ungkapnya.

BACA JUGA:Pasangan Effendi Edo - Siti Farida Daftar ke KPU, Diantar Ribuan Pendukung

Selain itu, dia menyampaikan bahwa pelaksanaan MTQ merupakan sebuah ikhtiar dalam syiar Alquran.
"Semoga semangat yang dimulai dari Alun-alun Kebumen sebagai titik awal menuju Keraton Kacirebonan sebagai simbol peradaban dan budaya, terus terjaga," katanya.

Sementara itu, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kota Cirebon, Sutikno AP MSi, menjelaskan bahwa melalui MTQ, syiar Islam dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas dan keimanan kepada Allah SWT dapat ditingkatkan.

"Ini adalah upaya kami untuk memperkenalkan MTQ kepada khalayak, memberikan informasi, serta syiar Islam sebagai wujud meningkatkan keimanan kepada Allah SWT," sebutnya.

Pawai Ta’aruf ini menempuh rute dari Alun-alun Kebumen, Jalan Merdeka, Jalan Pulasaren, dan berakhir di Keraton Kacirebonan.

BACA JUGA:Kekeringan di Majalengka Mengancam Ribuan Hektare Lahan Pertanian

Kategori :