Peran Pendakwah Muda di Era Modernisasi, Pemkot Cirebon dan BKPRMI Siap Cetak Generasi Islam Berkarakter

Peran Pendakwah Muda di Era Modernisasi, Pemkot Cirebon dan BKPRMI Siap Cetak Generasi Islam Berkarakter

Peran Pendakwah Muda di Era Modernisasi, Pemkot Cirebon dan BKPRMI Siap Cetak Generasi Islam Berkarakter-Dedi Haryadi-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM – Sebagai bentuk komitmen dalam membina generasi muda Islam yang berakhlak mulia dan berpengetahuan luas, Pj Wali Kota Cirebon, Drs H Agus Mulyadi MSi, bersama Pj Sekretaris Daerah Kota Cirebon, M Arif Kurniawan ST menghadiri pembukaan acara Latihan Mujahid Dakwah 1 yang diadakan oleh Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kota Cirebon, Jumat (27/9/2024).

Kegiatan ini menjadi bagian dari program strategis BKPRMI dalam membentuk pendakwah muda yang siap menjadi pilar peradaban Islam.

Dalam sambutannya, Pj Wali Kota menegaskan pentingnya peran pemuda remaja masjid dalam perkembangan dan pembangunan karakter generasi Islam di Indonesia.

 "BKPRMI adalah organisasi yang besar, memiliki jejaring luas dan solid di seluruh Indonesia. Pemuda remaja masjid sudah membuktikan kiprah mereka di masyarakat, menjadi motor penggerak kegiatan sosial, pendidikan, dan tentunya dakwah," ujarnya.

BACA JUGA:Kisah Harmini, Pedagang Jamu di Purwakarta Ketiban Rezeki saat Dikunjungi Ahmad Syaikhu

Pj Wali Kota juga menyoroti dampak modernisasi terhadap kehidupan beragama, yang sering kali menyebabkan kebingungan bagi sebagian umat Islam dalam memahami ajaran agama.

“Di era modernisasi ini, umat Islam dihadapkan pada berbagai tantangan yang sering kali membingungkan. Oleh karena itu, peran pendakwah sangat penting untuk memberikan pengetahuan keislaman yang mudah dipahami dan diterima oleh masyarakat, tanpa menghilangkan nilai-nilai toleransi yang menjadi ciri khas bangsa kita yang majemuk,” tambahnya.

Lebih lanjut, Pj Wali Kota berharap agar para pendakwah muda yang mengikuti kegiatan ini bisa memanfaatkan kesempatan tersebut dengan maksimal.  Tak hanya itu, para pendakwah yang mengikuti kegiatan ini dapat menjadi garda terdepan dalam membentuk generasi Islam yang berakhlakul karimah, mengamalkan nilai-nilai agama, serta mampu berperan aktif dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kegiatan ini bukan hanya tentang pembelajaran, tetapi juga tentang membangun karakter dan tanggung jawab besar untuk masa depan Islam di Indonesia," tegasnya.

BACA JUGA:Tiga Model Unggulan Daihatsu Ramaikan GIIAS 2024 di Kota Bandung

Pemerintah Kota Cirebon, lanjut Pj Wali Kota, juga siap menjalin kolaborasi lebih erat dengan BKPRMI untuk terus membangun umat serta memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.

"Pemerintah daerah siap berkolaborasi dengan BKPRMI untuk membangun umat dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat luas. Masjid tidak hanya menjadi tempat ibadah, tetapi juga pusat kegiatan sosial, pendidikan, dan pemberdayaan masyarakat,” tuturnya.

Di sisi lain, Ketua DPD BKPRMI Kota Cirebon, Adisuryadi MPd dalam sambutannya mengungkapkan rasa syukur dan apresiasi kepada Pemerintah Daerah Kota Cirebon yang terus mendukung dan mendampingi program-program BKPRMI.

“Terima kasih kepada Pemerintah Kota Cirebon yang telah memberikan support luar biasa untuk kegiatan ini. Insya Allah, BKPRMI akan terus berinovasi dalam membangun jejaring dan kolaborasi untuk pengembangan organisasi, sekaligus mencetak generasi penerus yang unggul dalam bidang dakwah Islam," ungkapnya.

BACA JUGA:Pertamina Patra Niaga SHAFTHI Sukses Luncurkan Greenhouse Sirih di Mekarsari

Adisuryadi juga menegaskan bahwa BKPRMI akan terus berkomitmen untuk menciptakan program-program inovatif yang tidak hanya fokus pada dakwah, tetapi juga pada pembangunan karakter pemuda yang berkontribusi positif bagi masyarakat.

"Kegiatan seperti Latihan Mujahid Dakwah 1 ini diharapkan menjadi langkah awal dalam mencetak pendakwah-pendakwah muda yang tangguh, kreatif, dan berakhlak mulia, serta siap menjawab tantangan zaman,” jelasnya.

Latihan Mujahid Dakwah 1 ini merupakan salah satu upaya penting dalam rangka memperkuat kompetensi dakwah pemuda remaja masjid. Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan bekal pengetahuan dan pengalaman berharga bagi para peserta sehingga mereka dapat menjadi ujung tombak dalam mengembangkan dakwah Islam di tengah masyarakat yang semakin dinamis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: