Kasus Vina Cirebon Belum Juga Tuntas, Ini Dia Kekhawatiran Terbesar Reza Indragiri

Jumat 30-08-2024,17:42 WIB
Reporter : Dedi Haryadi
Editor : Tatang Rusmanta

BACA JUGA:PT KAI Kecam Pelaku Pencurian Besi Penambat Rel Kereta Api

Menurut Reza, yang lebih penting dari semua bukti saintifik adalah bukti komunikasi elektronik. 

"Jika bukti komunikasi elektronik ini dihadirkan di sidang PK, maka akan mengubah nasib para terpidana. Dari terpidana menjadi orang bebas merdeka,’’ kata Reza.

Hal ketiga yang dipertanyakan oleh Reza adalah mengenai DPO kasus Vina. Polda Jabar sebelumnya mengatakan ada empat DPO, namun kemudian memfiktifkan sejumlah DPO.

‘’Pertanyaan saya, karena di sidang pra peradilannya Pegi Setiawan, para DPO itu dihidupkan kembali oleh Polda Jabar, maka Polda Jabar masih mencari para DPO itu tidak?” tanyanya. 

“Jika para DPO itu benar ada, maka seharusnya jangan dibiarkan berkeliaran begitu saja oleh Polda Jabar,” imbuh Reza. 

“Kalau memang mereka ada, kita bayangkan berarti ada empat orang yang disebut-sebut sudah melakukan penganiayaan, pemerkosaan, pembunuhan, dan memindah-mindahkan jasad korban, tapi kemudian mereka berkeliling entah di Cirebon, entah di luar Cirebon, entah di Jabar, entah di luar Jabar," tandasnya lagi.

Reza menegaskan, kalau memang ada empat orang DPO dan mereka bukan fiktif, maka Polda Jabar harus mencari dan mengamankan mereka.

2

‘’Jadi saya menagih sikap konsekuensi Polda Jabar, kalau memang ada empat orang DPO dan mereka bukan fiktif, tolong mereka dicari, diamankan,’’ tegas Reza Indragiri.

Diungkapkan dia, kapolri sebenarnya sudah mewanti-wanti bahwa pengungkapan kasus Cirebon harus tuntas dan transparan. 

"Saya memaknai transparan itu sebagai kesediaan Polri untuk secara berkala berkomunikasi dengan publik. Tapi praktis sejak bulan Juni lalu, tidak ada lagi update berita tentang kasus Cirebon di website Humas Mabes Polri. Ini saya anggap bahwa terkesan kasus Cirebon yang sudah dianggap masyarakat semrawut ini ternyata tidak lagi berada pada prioritas puncak yang harus dituntaskan secara transparan oleh Polri,’ ’ungkapnya.

Reza merasa khawatir bahwa instruksi Kapolri agar kasus Vina Cirebon diungkap secara tuntas dan transparan tidak sungguh-sungguh dipatuhi oleh para bawahanya sendiri. 

Kategori :