Bank Sampah – PATRA MAN 1 Kota Cirebon, Habis Sampah Terbitlah Rupiah

Senin 09-09-2024,16:00 WIB
Reporter : Abdullah
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Pencak Silat adalah salah satu warisan budaya asli Indonesia yang harus  kita lestarikan, Salah satu perguruan di Kota Cirebon yaitu PATRA (Padjadjaran Nusantara) yang mengisi kegiatan Ekstrakurikuler Pencak Silat di MAN 1 Kota Cirebon.

Ketua Bank Sampah, Andri menjelaskan, Kegiatan Ekskul pencak silat ini selain berlatih untuk mengukir prestasi, ada kegiatan lain untuk mengisi hal positif lainnya,  yaitu bebersih sampah sebelum atau setelah latihan silat.

Tidak hanya itu, kata Andri, dari sampah yang terkumpul akan di pilah oleh para pelatih dan anak silat lainnya sehingga terbagi mana sampah plastik, kertas, dan lainnya.

Setelah dipilah maka sampah itu ditimbang untuk mengetahui berapa berat dari tiap sampah. “Sampah  yang terkumpul, akan dicatat oleh sekretaris Bank Sampah PATRA MAN 1 Kota Cirebon,” ujarnya.

BACA JUGA:Kapolres Cirebon Kota Distribusikan 13.000 Liter Air Bersih Kepada Warga Banjarwangunan

Sani Yasonta, S.Kom selaku tim pelatih  menjelaskan, Tidak hanya melakukan bebersih sampah bersama saja, siswa pun diharapkan mengumpulkan sampah masing – masing karena dari sampah itu tiap siswa bisa menabung sampah untuk dijadikan rupiah.

Sani membeberkan, Prosesnya  dari sampah yang terkumpul, ada sampah yang bisa diolah untuk dijadikan kerajinan tangan dan ada juga yang akan dijual ke pengepul.

“Dari hasil penjualan sampah inilah tim Bank Sampah PATRA MAN 1 Kota Cirebon bisa meraup rupiah dan bisa bisa dijadikan tabungan atau uang kas kegiatan ekstrakurikuler,” bebernya.

2

Untuk kegiatan Bank Sampah ini, Sani Yasonta menerangkan  sudah berkoordinasi dengan pihak Dinas Lingkungan Hidup Kota Cirebon. (abd)

BACA JUGA:Lanjutan Sidang PK Terpidana Kasus Vina Sempat Diskor, Kuasa Hukum Minta Hal Ini

Kategori :