Jaga Ekosistem Laut, DKP Jabar Lepas 300 Ekor Lobster

Jumat 18-10-2024,18:30 WIB
Reporter : Moh Junaedi
Editor : Moh Junaedi

BANDUNG, RADARCIREBON.COM - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jawa Barat (Jabar) berhasil melepas 300 ekor lobster hasil budiaya dalam ruangan ke laut lepas guna melestarikan siklus hidup hewan yang jadi komoditas laut unggulan Jabar. 

DKP telah mengembangkan budidaya lobster dalam ruangan atau stock enhancment sejak 2020 dan pada 2024 ini berhasil melepas 300 ekor.

Menurut Kepala DKP Jabar Hermansyah, budidaya dalam ruangan ini dilakukan untuk menyelamatkan lobster Jabar dari kepunahan. 

BACA JUGA:Pesanan Foto Prabowo Melonjak, Pedagang di Sukalila Cirebon Terapkan Pending Order

BACA JUGA:Syaikhu Janji Sejahterakan Petani, Siap Penuhi Kebutuhan Pupuk Organik

BACA JUGA:Sambut Milangkala ke 4 Tahun, Payung Suci Ajak Warga Kota Cirebon Bebersih Lapangan Kebumen

Penangkapan benih lobster di Jabar tergolong masif dan intensif, sehingga dikhawatirkan akan memperpendek siklus hidup lobster. 

2

"Jika tidak ditanggulangi dengan tepat maka sumber daya lobster di alam pada masa yang akan datang akan menurun dan terancam," ujar Hermansyah di Bandung, Kamis 18 Oktober 2024.

Salah satu upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar untuk menjaga stabilitas populasi lobster adalah dengan budidaya dalam ruangan (indoor). 

"Kita sudah memulai penelitian dan pengembangan ini sejak 2020, dan alhamdulillah 2024 ini berhasil dengan merilis atau melepaskan kembali benih lobster ke laut."

BACA JUGA:Kepala Disdik Bersama Pengurus PGRI Audiensi dengan Pj Bupati Cirebon

BACA JUGA:OJK Gabung GAIP, Siap Hadapi Tantangan Perasuransian Asia

BACA JUGA:Rutin Ganti Oli Transmisi Motor Matic, Seberapa Penting?

"Memang jumlahnya belum banyak, tapi ini adalah langkah baik untuk masa depan lobster di Jawa Barat," kata Herman.

Analis Aqua Culture Ahli Muda UPTD Perikanan Air Payau dan Laut Wilayah Selatan (PAPLWS) DKP Jabar Denny Hamdani menjelaskan, budidaya indoor dilakukan karena selama ini lobster sulit dibudidaya langsung di laut. 

Kategori :