JAKARTA, RADARCIREBON.COM - Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat (JBB) kembali menggelar pameran Small Medium Enterprise (SME) Market 2024 kedua yang diadakan di Mall Festival Citylink, Bandung, Jumat hingga Minggu, 15-17 November 2024.
Kegiatan tersebut sebagai bentuk pembinaan dan mendukung pengembangan Usaha Mikro dan Kecil (UMK) yang sebelumnya diadakan di Gandaria City, Jakarta Selatan.
Pameran ini dibuka langsung oleh Area Manager Communication, Relation & CSR PT Pertamina Patra Niaga JBB Eko Kristiawan.
Hadir pula Manager SMEPP PT Pertamina (Persero) Dewi Sri Utami, perwakilan Manager CSR & SMEPP PT Pertamina Patra Niaga Nathalina Dj, Sales Area Manager (SAM) Retail Bandung Sindhu Priyo Windoko dan Fuel Terminal Manager Bandung Debbi Juliana Harahap.
BACA JUGA:Aplikasi BRIMO Hadirkan Solusi untuk Memudahkan Masyarakat Bertransaksi
Pameran ini diikuti oleh 20 UMK di bidang fashion, craft, dan food & beverage yang juga merupakan peserta dari UMK Academy kelas 2 di wilayah Regional JBB.
UMK Academy merupakan program pembinaan yang menandai perjalanan dari UMK kelas regional menuju kelas nasional.
Manager SMEPP PT Pertamina (Persero) Dewi Sri Utami mengatakan, Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pertamina memiliki komitmen yang kuat dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat, hal tersebut juga termasuk dengan memberdayakan UMK lokal.
"Melalui program UMK Academy ini peserta mendapatkan pelatihan dan pendampingan mulai dari perizinan, legalitas, hingga strategi dalam memperluas pasar.”
BACA JUGA:Tak Berkutik, Timnas Indonesia Dilumat Jepang 4 Gol Tanpa Balas
BACA JUGA:Hadir Ditengah-tengah Masyarakat, BRILink Jangkau ke Pinggiran Kota
“Salah satu wujud nyata dari praktik pelatihan ini adalah SME Market, dimana peserta dapat mengasah keterampilan mereka dalam memajukan bisnis yang sedang dijalankan," katanya.
Dijelaskan Dewi, SME Market menjadi bagian dari praktik langsung bagi para peserta UMK Academy untuk mengaplikasikan ilmu yang telah didapat, bagaimana menampilkan produk secara menarik, bagaimana memikat perhatian konsumen agar tertarik untuk membeli serta menerapkan strategi promosi yang efektif, diantaranya dengan memberikan diskon potongan harga.
"Program ini juga mengajarkan pelaku UMK untuk lebih ramah lingkungan dengan mengolah dan memanfaatkan limbah hasil produksi,” jelasnya.
Sementara itu, Area Manager Communication, Relation & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan menyebutkan, ucapan selamat kepada peserta yang telah terpilih untuk ikut berpartisipasi dalam pameran ini.
BACA JUGA:Mengakses Layanan KPR di Bank BRI, Berikan Kemudahan dan Cicilan Ringan
BACA JUGA:Luar Biasa! Berkat Shopee 11.11 Big Sale, Penjualan Brand Lokal dan UMKM Naik 7,5 Kali Lipat
"Terpilihnya peserta UMK tidak hanya menjadi prestasi, namun juga menjadi tanggung jawab dan menjadi contoh inspiratif bagi Mitra Binaan lainnya.”
“Sebagai peserta, mendapatkan kesempatan untuk mempromosikan produknya ke masyarakat luas," sebutnya.
Menurut Dia, pameran tersebut dibuka dengan penampilan tarian tradisional yang memukau serta workshop menarik yang diikuti oleh jajaran managemen.
"Dalam SME Market 2024, pengunjung disajikan berbagai macam kegiatan yang bermanfaat dan tentunya menghibur mulai dari talkshow dan interview bersama dengan Mitra Binaan UMK Academy, workshop, fun games, penampilan band dan modern dance performance, serta karaoke dan kids dance competition," ucapnya.
Eko berharap dengan terselenggaranya pameran SME Market 2024 tersebut, para peserta diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan keahlian dalam membaca trend pasar saat ini dimana produk UMK semakin eksis dan berkembang menjadi satu industri yang memiliki potensi besar.
BACA JUGA:Justin Hubner Lakukan Gol Bunuh Diri, Timnas Indonesia tertinggal 0-2 dari Jepang
BACA JUGA:Kick Off Indonesia vs Jepang: Yacob Sayuri Masuk Line Up
"Hadirnya para peserta telah menjadi bentuk kontribusi dalam meningkatkan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja.”
“Kami Pertamina Regional JBB percaya bahwa kolaborasi adalah kunci untuk menciptakan ekosistem yang sehat bagi pertumbuhan UMK.”
“Melalui dukungan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah, lembaga pendidikan dan komunitas, kami berkomitmen untuk terus mendampingi dan memberdayakan pelaku UMK di seluruh wilayah Regional JBB,” pungkasnya.
Perlu diketahui, dengan menyelenggarakan rangkaian kegiatan pameran SME Market 2024, tentunya Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat telah ikut serta dalam mendukung SDGs (Sustainable Development Goals) poin 8 yaitu Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi. (rdh)