RADARCIREBON.COM - STMIK IKMI Cirebon menggelar pelatihan penguatan digital untuk pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), Kamis (19/12/2024).
Pelatihan yang berlangsung di Aula STMIK IKMI Cirebon ini diikuti oleh 100 peserta yang merupakan para pelaku UMKM yang ada di Kota Cirebon.
Untuk diketahui bahwa pelatihan ini merupakan bagian dari program Bimbingan Usaha Terpadu Wirausaha Go Digital atau Buster H. Godi yang diinisiasi oleh Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan dan Perindustrian (DKUKMPP) Kota Cirebon yang berkolaborasi dengan enam perguruan tinggi. Dimana salah satunya adalah STMIK IKMI Cirebon.
“Kegiatan ini menjadi bukti nyata kolaborasi antara pemerintah daerah dan institusi pendidikan tinggi dalam memberdayakan pelaku usaha mikro agar mampu bersaing di era digital,” ujar Kepala Bidang Koperasi dan UKM, Dedi Fachrudin SE MSi saat memberikan sambutan dalam pembukaan program Buster H Godi pada Kamis (19/12/2024).
BACA JUGA:Ujang Busthomi Sukses Gerakkan Ekonomi Desa
Koordinator Buster H Godi di STMIK IKMI Cirebon, Arif Rinaldi Dikananda MKom mengatakan pelatihan ini tidak hanya menekankan pada teori, tetapi juga memberikan panduan praktis yang dapat diterapkan oleh para peserta terhadap usahanya.
"Selain itu, para peserta juga diajak untuk memahami pentingnya digitalisasi dalam bisnis, mulai dari pemasaran hingga pemanfaatan AI," ungkapnya.
Lebih lanjut Arif menjelaskan bahwa program pelatihan ini juga menjadi bagian dari pengabdian kepada masyarakat sebagai salah satu pilar dari Tridharma Perguruan Tinggi. Sehingga diharapkan dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan daya saing UMKM di Kota Cirebon, sekaligus menjadi langkah awal menuju pemberdayaan ekonomi berbasis digital yang inklusif.
Pelatihan ini berlangsung selama 3 hari, yakni dari Kamis (19/12/2024) hingga Sabtu (21/12/2024). Adapun pada hari pertama, materi yang disampaikan adalah Motivasi Bisnis oleh Rudi Kurniawan MKom dan Irfan Ali MKom, Creativity dan Design Thinking oleh Denni Pratama MKom dan Gifthera Dwilestari SIKom Mkom, Customer, Distribution and Market yang disampaikan oleh Bani Nurhakim MKom dan Yudhistira Arie Wijaya MKom.
BACA JUGA:TEGAS, Prabowo Ajak Bela Palestina ke Negara D-8
Untuk hari kedua, materi yang disampaikan adalah Value, Design and Branding Product (Packaging) oleh Tati Suprapti Mkom dan Arif Rinaldi Dikananda MKom, Business Ecosytem Design oleh Fadhil Basysyar MKom dan Nana Suarna MKom serta Financial Visibility oleh Ade Irma Purnamasari MKom dan Raditya Danar Dana MKom.
Lalu di hari terakhir, materi yang disampaikan adalah Digital Marketing yang disampaikan oleh Nisa Dienwati Nuris MSos dan Fatihanursari Dikananda MKom, Legalitas Usaha dan Pengelolaan SDM oleh Odi Nurdiawan MKom dan Agus Bachtiar MKom serta ECommerce dan Pemanfaatan AI oleh Nisa Dienwati Nuris MSos dan Khaerul Anam MKom. (awr/opl)