Normalisasi Jalur Pasca Banjir di Grobogan, Daop 3 Cirebon Minta Maaf Atas Gangguan Perjalanan

Senin 27-01-2025,23:00 WIB
Reporter : Dedi Haryadi
Editor : Moh Junaedi
Normalisasi Jalur Pasca Banjir di Grobogan, Daop 3 Cirebon Minta Maaf Atas Gangguan Perjalanan

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Akibat luapan air yang menyebabkan gogosan atau erosi pada jalur rel kereta api tersebut perjalanan kereta api mengalami gangguan.

Pihak PT KAI hingga kini masih terus melakukan normalisasi jalur tersebut yang berada di Km 32+5/7 antara Stasiun Gubug-Stasiun Karangjati, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

"Sejak tanggal 21 Januari 2025 berbagai upaya telah dilakukan PT KAI untuk mengatasi gangguan akibat luapan air tersebut, sehingga penutupan sementara dilakukan untuk memastikan keselamatan perjalanan kereta api," ujar Rokhmad Makin Zainul, Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon kepada radarcirebon.com, Senin 27 Januari 2025.

BACA JUGA:Inilah Penyebab Mobil di Jalan Dewi Sartika Sumber Cirebon Terbakar, Satu Orang Terluka

BACA JUGA:Sabar, Bank Himbara Sedang Mengklasifikasi Debitur Penerima Program Penghapusan Utang

BACA JUGA:Radja Nainggolan Ditangkap Polisi Belgia, Diduga Terlibat Penyelundupan Kokain

Dijelaskan Rohmad, akibat bencana alam tersebut beberapa perjalanan kereta api di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon terdampak.

"Yang terdampak hal tersebut diterapkan pola rekayasa operasi memutar dengan mengalihkan rute perjalanan via jalur Brumbung-Gunding-Gambringan maupun via jalur Brumbung-Solo-Surabaya.”

“Sebagai langkah mitigasi, selain melakukan rekayasa operasi dengan mengalihkan rute, PT KAI juga membatalkan beberapa perjalanan kereta api," jelasnya.

Rohmad mengatakan, PT KAI menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh pelanggan kereta api atas ketidaknyamanan yang terjadi akibat gangguan perjalanan ini sehingga kedatangan beberapa KA di wilayah Daop 3 Cirebon mengalami kelambatan.

BACA JUGA:Kevin Diks Ingin Perpisahan dengan FC Copenhagen Ditutup Gelar Juara

BACA JUGA:BREAKING NEWS! Mobil Terbakar di Jalan Dewi Sartika Sumber, Penyebab Belum Diketahui

"KAI memberikan kemudahan kepada pelanggan dengan pengembalian tiket penuh atau penjadwalan ulang perjalanan tanpa biaya tambahan.”

“Selain itu KAI juga memberikan service recovery bagi penumpang yang terdampak kelambatan sebagai bentuk komitmen untuk memastikan kenyamanan penumpang," katanya.

Saat ini, lanjut Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, PT KAI bekerjasama secara aktif dengan stakeholder utama, seperti Kementerian Pekerjaan Umum RI, Direktorat Jendral Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan dan Pemerintah Daerah.

"Ratusan petugas, alat berat serta material pendukung lainnya telah dikerahkan untuk mempercepat proses perbaikan di lokasi tersebut.”

BACA JUGA:Banyak Kendaraan Pecah Ban Akibat Jalan Berlubang, Astra Tol Cipali Minta Maaf dan Siap Ganti Kerugian

BACA JUGA:Soal Dugaan Pagar Laut di Pantai Gebang, Inilah Hasil Pengecekan Lapangan

“Proses penanganan dilakukan secara intensif agar jalur antara Stasiun Gubug - Stasiun Karangjati Kabupaten Grobogan dapat segera digunakan kembali," ucapnya.

Menurut Dia, PT KAI terus memantau kondisi di lokasi dan akan terus memberikan pembaharuan informasi terkait perkembangan penanganan jalur KA kepada masyarakat.

"PT KAI berkomitmen memberikan layanan terbaik dan memastikan keselamatan perjalanan kereta api menjadi prioritas utama.”

“Untuk informasi terkait jadwal kereta api dan pengembalian tiket bagi pelanggan yang terdampak, masyarakat dapat menghubungi contact center KAI121, layanan media sosial KAI, maupun Whatsapp KAI121 (0811-1211-1121)," pungkasnya. (rdh)

Kategori :