Jalur Menuju Objek Wisata Padat Merayap

Jumat 25-12-2015,20:00 WIB
Reporter : Harry Hidayat
Editor : Harry Hidayat

KUNINGAN - Libur Natal hari ini banyak dimanfaatkan masyarakat untuk berlibur ke sejumlah objek wisata di Kabupaten Kuningan sehingga menimbulkan kepadatan arus lalu lintas menuju kawasan wisata, sejak Jumat (25/12) pagi.
Kepadatan arus lalu lintas mulai terjadi di persimpangan Caracas yang merupakan titik pertemuan arus lalu lintas dari Cirebon dan Majalengka. Ditambah keberadaan Pasar Cilimus, meski bukan merupakan hari pasar, namun aktifitas naik dan turun penumpang angkutan umum ditambah delman membuat kemacetan tak bisa dihindari. Akibatnya, antrean kendaraan mengular hingga mencapai daerah Beber, Kabupaten Cirebon.
Kondisi serupa kembali terjadi di persimpangan Bojong dan Bandorasa yang merupakan jalur menuju kawasan wisata Linggarjati dan Sangkanurip. Begitu juga di jalur menuju objek wisata Cibulan, hingga menyebabkan antrean kendaraan cukup panjang.
Terlihat sedikitnya lima anggota polisi dari Satuan Lalu Lintas Polres Kuningan turun mengamankan di setiap persimpangan menuju jalur wisata tersebut. Bahkan, sejumlah traffic light pun sepertinya sengaja tidak difungsikan agar para pengendara  melajukan mobil atau motornya berdasarkan isyarat petugas Polisi Lalu Lintas.
Selain itu, petugas terpaksa harus memberlakukan jalur satu arah di sejumlah persimpangan agar kendaraan tidak bisa seenaknya menyeberang, melainkan harus mengikuti arus hingga beberapa kilometer untuk berputar.
Kanit Turjawali Polres Kuningan Ipda Sutarja mengatakan, peningkatan volume kendaraan di Kabupaten Kuningan baru terjadi pada libur Natal hari ini. Pihaknya telah menyiapkan sejumlah rekayasa pengaturan arus lalu lintas seperti pemberlakuan jalur satu arah hingga buka tutup.
\"Sejauh ini arus lalu lintas masih ramai lancar. Diprediksi kondisi ini akan berlangsung hingga dua hari ke depan dan dilanjut menjelang Tahun Baru,\" ujar Sutarja.
Untuk upaya pengamanan baik pada saat libur Natal maupun Tahun Baru, lanjut Sutarja, Polres Kuningan telah menyiapkan tiga Pos Pengamanan (Pospam)  yaitu di sekitar Taman Kota Kuningan, Taman Cirendang dan persimpangan Bojong. Terutama pada malam Tahun Baru, pihaknya akan memberlakukan car free night di sepanjang Jalan Siliwangi yang direncanakan akan digelar pesta kembang api.
\"Mengenai waktu pemberlakuannya, akan melihat situasi nanti. Ketika dinilai sudah terlalu padat, bisa segera diberlakukan car free night,\" ujar Sutarja. (taufik)
Tags :
Kategori :

Terkait