Pemerintah Bakal Impor 3,7 juta ton Garam Industri

Minggu 21-01-2018,03:00 WIB
Reporter : Dedi Haryadi
Editor : Dedi Haryadi

JAKARTA–Sempat silang pendapat antara BPS dan Kemenperin, pemerintah melalui akhirnya memutuskan jumlah impor garam untuk industri. Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution menuturkan, silang pendapat terjadi bermula saat pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mempertanyakan jumlah kebutuhan garam untuk industri.

Dalam hal ini, KKP merupakan salah satu pihak yang wajib memberi rekomendasi untuk impor garam. “Dalam diskusi itu memang jumlahnya berapa, Dirjen KKP nanya jumlahnya berapa? Memang terjadi perbedaan pendapat. Industri keluar dengan angka kebutuhan per industri misalkan 3,7 juta ton per tahun,” kata.

“Dari KKP, berdasarkan rapat mereka dengan BPS itu mengatakan 2,2 juta ton. Kemudian kita tanya, emang tahu industrinya? Lalu mereka bilang, yah ini cuma sampel. Padahal, semuanya ini data industri,” sambungnya.

Setelah didesak-desak, BPS akhirnya mengakui jika kebutuhan impor industri garam adalah 3,7 juta ton. “Mana yang benar? Akhirnya BPS bilang, datanya 3,669 juta ton, ya sama dong,” tuturnya

Hingga akhirnya, Darmin memutuskan agar KKP memberikan rekomendasi impor sebesar 3,7 juta ton. Namun, impor tersebut akan dilakukan secara bertahap. (ce1/hap/JPC/pojoksatu)

Tags :
Kategori :

Terkait