XL Axiata Bantu Korban Tsunami Selat Sunda

Kamis 27-12-2018,12:30 WIB
Reporter : Dedi Haryadi
Editor : Dedi Haryadi

JAKARTA-PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mendukung upaya pemulihan kondisi pasca tsunami Selat Sunda. Untuk keperluan itu, XL Axiata telah menyalurkan bantuan yang bersifat darurat untuk warga yang terdampak bencana. Demikian dikatakan Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D Yosetya. “Kami selama ini hadir dan menjadi bagian dari masyarakat Banten dan Lampung yang mengalami musibah tsunami Selat Sunda pekan ini. Karena itu, kami ikut merasakan penderitaan masyarakat dan mendukung semua upaya untuk pemulihan kondisi pasca bencana. Tim kami di lokasi bencana telah mulai menyalurkan bantuan darurat dan akan terus mendata apa saja yang bisa kami bantu selanjutnya, termasuk secara khusus membebaskan layanan bagi pelanggan dan masyarakat di area terdampak bencana,” tutur Yessie. Diungkapkannya, bantuan yang telah tersalurkan antara lain berupa bahan makanan, obat-obatan, tikar, selimut, alat mandi dengan lokasi penyaluran di beberapa lokasi pengungsian, baik di sisi Banten maupun Lampung. “Untuk penyaluran bantuan ini, XL Axiata bekerjasama dengan aparat setempat untuk memastikan sampai ke warga yang membutuhkan bantuan,” ujarnya. Sementara itu, lanjutnya, bantuan dalam bentuk layanan telekomunikasi secara khusus berupa penempatan fasilitas telepon umum gratis (TUG) serta program pembebasan biaya untuk pemakaian layanan percakapan telepon, SMS, dan data. “Program ini berlaku untuk pelanggan nomor prabayar XL dan AXIS,” tandasnya. Lebih lanjut, dikatakannya, program layanan khusus ini berlaku mulai 25 Desember 2018 pukul 00.00 WIB. “Pelanggan di lokasi bencana yang hendak memanfaatkan keringanan ini bisa mengaktifkannya dengan cara yang mudah, yaitu tekan *505# di nomor XL atau AXIS. Layanan ini hanya berlaku di area Serang, Pandeglang, dan Bandar Lampung, selama 2 hari, yaitu tanggal 25 dan 26 Desember 2018,” bebernya. XL Axiata, sebutnya, juga memberikan layanan khusus  bagi pelanggan layanan pascabayar XL Prioritas dalam rangka dukungan atas penanganan pasca bencana ini. Pelanggan, akan mendapatkan layanan tanpa bayar untuk akses data hingga sebesar 1 GB, menelepon selama 60 menit dan kirim pesan 60 SMS ke semua operator. “Program khusus ini berlaku selama 30 hari ke depan,” tandasnya. Masih dalam rangka mendukung pemulihan pasca bencana tsunami Selat Sunda, kata Yessie, XL Axiata juga menyediakan fasilitas bagi pelanggan yang ingin berbagi kepada para korban melalui program donasi pulsa Xmart Donasi. “Caranya mudah dan simpel, yaitu dengan kirim SMS ke 6116, ketik Donasi <spasi> PEDULIBantenLampung <spasi> nominal donasi. Atau via umb:*123*6116# pilih PEDULIBantenLampung dan masukkan nominal donasi. Nominal donasi antara Rp1.000 hingga Rp200.000,” ungkapnya sambil mengatakan program berlaku hingga 31 Januari 2019. Terkait insfrastruktur jaringan, Yessie menyatakan, tsunami tidak menyebabkan dampak yang serius pada infrastruktur jaringan XL Axiata di lokasi terlanda bencana. “Tidak ada BTS maupun sarana pendukung jaringan yang mengalami kerusakan, baik di wilayah Banten maupun Lampung,” ujarnya. Meskipun demikian, tim teknis di lapangan tetap melakukan pengecekan atas semua infrastruktur untuk memastikan kondisi jaringan. “Di wilayah Banten, terdapat sekitar  500 BTS yang berada di area terlanda bencana, tersebar di wilayah Kabupaten Pandeglang dan Serang. Sementara itu di sisi Lampung, terdapat sekitar 300 BTS, yang masuk area Kalianda Kabupaten Lampung Selatan,” tutupnya. (asd/ril/adv)

Tags :
Kategori :

Terkait