TBA Pesisir Laksanakan Wisuda dan Festival Literasi

Rabu 01-05-2019,02:02 WIB
Reporter : Husain Ali
Editor : Husain Ali

CIREBON - Suasana di Taman Bacaan Anak (TBA) Pesisir di Desa Bandengan, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, sejak pagi, sudah terlihat ramai. Namun, aktivitas ratusan anak-anak dari empat desa di Kecamatan Mundu ini, berbeda dari biasanya.

Hari ini, mereka terlibat dalam lomba yang diselenggarakan oleh TBA Pesisir. Ada lima lomba yang dilaksanakan, yaitu membuat puisi, membaca puisi, menggambar, Pildacil dan lomba bercerita kembali.

Selain mengikuti lomba yang dikemas dalam acara Festival Literasi Pesisir (FLP) ini, mereka juga akan diwisuda. Anak-anak merupakan anggota aktif, yang selalu terlibat dalam kegiatan TBA Pesisir.

\"Ada sebanyak 150 anak-anak yang akan diwisuda,\" kata Nova Haryono, selaku Ketua Panitia.

Menurut Nova, wisuda ini merupakan salah satu bentuk penghargaan, yang diberikan kepada anak-anak yang sering berkunjung ke TBA. Ia menyebutkan, sejak dibuka pada November tahun lalu, TBA Pesisir yang didukung Cirebon Power, Polairud dan relawan, mendapatkan respons yang cukup baik oleh masyarakat.

Hampir setiap hari, TBA yang berada di Desa Bandengan, Kecamatan Mundu ini, dikunjungi sekitar 60 anak-anak setiap harinya. Bahkan, kunjungan anak-anak mencapai sekitar 150 orang, jika hari Sabtu.

\"Kalau akhir pekan, yang datang ke TBA mencapai 150 orang,\" kata Nova.

Nova mengungkapkan, dukungan yang diberikan oleh Cirebon Power dan instansi lainnya, patut disyukuri oleh masyarakat dan anak-anak yang memanfaatkan adanya TBA. Karena menurutnya, dukungan dari Cirebon Power, sangat membantu terciptanya TBA yang berkualitas.

\"Beruntung sekali, ada Cirebon Power yang bisa berkontribusi di TBA ini,\" katanya.

Ia juga menjelaskan, pada hari ini ada tiga kegiatan yang dilaksanakan dalam FLP. Tiga kegiatan tersebut yaitu wisuda, lomba dan pameran.

Untuk lomba, selain dilaksanakan di TBA, ada juga yang dilaksanakan diatas perahu. Ia berharap, kegiatan seperti ini terus mendapatkan dukungan dan bisa kembali dilaksanakan tahun depan.

\"Semoga kegiatan ini,  kembali mendapatkan dukungan. Sehingga bisa dilaksanakan lagi,\" ujarnya.

Head of Community Development Cirebon Power, Hafid Saptandito menuturkan, sangat siap untuk terus mengembangkan TBA Pesisir. Karena selama berjalannya TBA ini, masyarakat sudah banyak yang memanfaatkan fasilitas ini.

\"Sudah banyak sekali partisipasi anak-anak pesisir yang di TBA ini,\" ujarnya.

Hafid juga mengaku siap untuk terus mengembangkan TBA Pesisir. Walaupun nanti TBA ini akan dikelola para relawan, namun Cirebon Power akan siap mendukung pengembangam TBA pesisir.

\"Kita siap untuk mengembangkan TBA Pesisir. Salah satunya, dengan menambah fasilitas buku yang ada,\" katanya. (rls/yud)

Tags :
Kategori :

Terkait