Salat Jumat di Kuningan Tidak Terpengaruh Corona

Sabtu 21-03-2020,13:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

KUNINGAN - Pelaksanaan salat Jumat di sejumlah masjid di Kabupaten Kuningan masih berjalan normal seperti biasa. Rupanya isu virus corona alias Covid-19 tak menyurutkan ketaatan warga Kuningan menjalankan salat Jumat walalupun ada peringatan untuk menghindari tempat keramaian.

Seperti terpantau di Masjid Agung Syiarul Islam Kuningan, pelaksanaan salat Jumat masih tampak normal seperti biasanya. Jamaah terlihat memadatai bagian dalam masjid hingga meluber ke teras. Tak sedikit warga yang membawa sendiri sajadah dari rumah masing-masing, namun banyak pula yang datang dengan tangan kosong dan rela salat Jumat tanpa alas.

Ketua DKM Syiarul Islam Drs H Yayan SOfyan bertindak sebagai khatib Jumat kali ini. Dalam khutbahnya, Yayan mengajak seluruh umat muslim khususnya yang ada di Kabupaten Kuningan untuk tetap sabar dan tawakal dalam menjalani cobaan pandemi virus corona yang sudah memakan banyak korban termasuk di Indonesia.

\"Sebagai umat muslim dalam menghadapi situasi wabah corona ini harus punya upaya pencegahan baik lahir maupun batin. Pencegahan lahir dengan cara kita menjalankan perilaku hidup sehat, sering mencuci tangan, memakai masker, berdiam diri di rumah dan jangan mendatangi tempat yang terdapat wabah tersebut. Cara batinnya, kita manfaatkan imbauan pemerintah saat kita tinggal di rumah selama 14 hari dengan semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT, bertaubat dan berdoa memohon perlindungand dari segala marabahaya terutama wabah corona ini,\" ungkap Yayan.

Yayan menyampaikan rasa syukurnya karena hingga saat ini Kabupaten Kuningan termasuk salah satu daerah yang terbebas dari virus corona yang mematikan. \"Dengan kita melakukan ikhtiar sekuat tenaga menghindarkan diri dari wabah corona, insya Allah Kabupaten Kuningan akan selamanya terbebas dari penyakit yang mematikan tersebut,\" ujar Yayan.

Ada yang lain pada pelaksanaan salat Jumat kali ini. Yaitu pada rakaat terakhir setelah rukuk dilakukan qunut nazilah, yaitu berdoa memohon kepada Allah SWT agar musibah wabah corona ini segera diangkat dan berakhir. (fik)

Tags :
Kategori :

Terkait