Stok Darah di PMI Menipis

Sabtu 18-04-2020,15:30 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON- Dampak Covid-19 membuat semua aspek terkena imbasnya. Sebab, sebagian besar masyarakat lebih memilih melakukan social distancing.

Kondisi ini menyebabkan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Cirebon kekurangan stok darah karena menurunnya pendonor. Untuk tetap mendapatkan kecukupan stok darah, PMI Cabang Kota Cirebon mengirimkan surat ke berbagai lembaga.

Dengan harapan dapat melaksanakn donor darah dan mencukupi kebutuhan. Ketua PMI Kota Cirebon, dr H M Edial Sanif SpJP FIHA menjelaskan, kebutuhan darah yang dilayani oleh unit donor darah (UDD) PMI Kota Cirebon cukup banyak yakni antara 80-100 labu per hari.

Hal ini disebabkan Karen peran sentral Kota Cirebon sebagai tempat rujukan bagi wilayah III Cirebon dan sekitarnya. Namun darah yang diperoleh dari donor darah sukarela, belum mencukupi kebutuhan mengingat pandemi covid-19 tengah mewabah. “Kami kirimkan surat ke instansi, hingga partai politik untuk bersedia menggelar kegiatan donor darah. “ni kami lalukan dalam rangka memenuhi kebutuhan darah yang turun khususnya saat pandemi covid 19,” ujar Edial.

Sebelumnya, Petugas Bagian Mutu PMI, Asep Munandar manyampaikan, krisis stok darah disebabkan batalnya beberapa agenda donor darah. Kegiatan yang semula sudah diagendakan tidak bisa dilaksanakan karena adanya imbauan social distancing.

PMI juga mengupayakan kebutuhan darah dari keluarga pasien yang mendonorkan darahnya sesuai permintaan. PMI juga melayani masyarakat yang akan mendonorkan darahnya dengan datang langsung ke unit transfusi darah PMI.

Surat yang dilayangkan PMI Kota Cirebon muali direspons beberapa lembaga. Kemarin, DPC PDIP Kota Cirebon melaksanakan donor darah menghadirkan pengurus hingga kader.

2

Ketua DPC PDIP Kota Cirebon, Fitria Pamungkaswati menjelaskan, donor darah PMI bersama PDIP Perjuangan bagian dari upaya merespons kebutuhan PMI.

Pihaknya melaksanakan kegiatan sosial tersebut, karena mendapat surat dari PMI yang meminta PDIP menyelenggarakan donor darah.

DPC PDIP menargetkan 100 labu  darah, dengan mengerahkan pengurus dan kader, mulai tingkat DPC ranting anak ranting sayap partai, juga simpatisan. “Alhamdulillah semua merespons jadi kita bisa laksanakan,” tuturnya. (abd)

Tags :
Kategori :

Terkait