Ruang Guru, Perusahaan Singapura yang Dapat Mega Proyek Kartu Pra Kerja

Rabu 22-04-2020,13:25 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

JAKARTA - Adhamas Belva Syah Devara resmi mengundurkan diri sebagai staf khusus presiden. Namun, polemik terkait dirinya tak kunjung berhenti. Belakangan terungkap, Ruang Guru adalah perusahaan asing dari Singapura.

Keterlibatan Ruang Guru menjadi sorotan karena gelontoran dana jumbo dari pemerintah untuk program kartu pra kerja.

Kartu Prakerja adalah program subsidi dari pemerintah bagi kalangan pencari kerja maupun korban PHK. Setiap pemilik Kartu Prakerja akan mendapatkan total manfaat dana senilai Rp3,55 juta.

Program ini akan menyasar sekitar 5,6 juta penerima. Alhasil, total dana yang akan diguyur melalui subsidi Kartu Prakerja mencapai Rp19,88 triliun.

Dari jumlah yang diterima oleh setiap pemilik Kartu Prakerja, sebanyak Rp 1 juta atau totalnya senilai Rp 5,6 triliun mengucur dalam bentuk subsidi pelatihan melalui “kelas online”.

Materi pelatihan itu tersedia di delapan mitra platform digital yang digandeng pemerintah, yakni Tokopedia, Bukalapak, Skill Academy by Ruangguru, Kemnaker, Pintaria, Pijar, Sekolah.mu dan MauBelajarApa.

Berdasarkan data profil perusahaan dari Administrasi Hukum Umum (AHU) dari Kementerian Hukum dan HAM yang diterima Kontan, badan hukum Ruangguru bernama PT Ruang Raya Indonesia.

2

Mengacu pada surat pengesahan anggaran dasar pada 17 Maret 2020, Ruang Raya Indonesia tercatat sebagai perusahaan penanaman modal asing (PMA).

Anggota Ombudsman RI Alvin Lie menghargai keputusan Belva itu, meskipun menurutnya tidak akan menghentikan sorotan publik terhadap perusahaan miliknya, Ruangguru.com, yang sudah terlanjur ikut proyek dalam program Kartu Prakerja.

“Di satu sisi kami menghargai ya yang bersangkutan menunjukkan sikap ksatria, menghindari konflik kepentingan, kemudian mengundurkan diri,” kata Alvin.

Alvin mengatakan Ruangguru itu hanyalah anak perusahaan dari Ruangguru Private Limited asal Singapura.

Padahal selama ini, Ruangguru selalu dibangga-banggakan sebagai salah satu perusahaan rintisan buatan asli Indonesia yang bergerak di bidang pendidikan.

Adhamas Belva Syah Devara mengumumkan pengunduran diri sebagai Staf Khusus Milenial Presiden Joko Widodo, Selasa (21/4/2020).

“Berikut ini saya sampaikan informasi terkait pengunduran diri saya sebagai Staf Khusus Presiden. Pengunduran diri tersebut telah saya sampaikan dalam bentuk surat kepada Bapak Presiden tertanggal 15 April 2020 dan disampaikan langsung ke Presiden pada 17 April 2020,” kata Belva melalui akun instagram miliknya pada Selasa.

Belva mengakui pengunduran dirinya dipicu oleh keikutsertaan perusahaan miliknya Ruang Guru dalam program Kartu Prakerja yang mendapat banyak kritik dari masyarakat. (fin)

Tags :
Kategori :

Terkait