Daya Beli Berkurang, Harga Cabai Menurun

Rabu 22-04-2020,17:30 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON - Daya beli yang menurun sejak pandemi covid-19 berlangsung, membuat sejumlah harga komoditas mengalami penurunan. Beberapa di antaranya, seperti harga cabai merah dan ayam.

Kepala Pasar Sumber, Didi Sunedi menjelaskan, sejak pandemi covid-19, pengunjung pasar mengalami penurunan. Ini pun akhirnya berpengaruh pada penjualan. Meski pasokan cabai merah melimpah, namun pembelinya pun tak sebanyak biasanya. Oleh sebab itu, kini harganya turun.

\"Sebelumnya dibanderol dengan harga Rp25 ribu/kg, sekarang turun jadi Rp20 ribu/kg,\" tuturnya, kemarin.

Penurunan ini juga terjadi pada harga ayam yang kini dibanderol dengan harga Rp22 ribu/kg. Sebelumnya, harga ayam dibanderol Rp23 ribu/kg. Ayam menjadi salah satu pasokan yang terus mengalami penurunan sejak beberapa waktu lalu. \"Hingga saat ini, belum ada lonjakan pembeli. Padahal, biasanya beberapa komoditas ini mengalami kenaikan permintaan saat mendekati Ramadan,\" ujarnya.

Sementara itu, untuk beberapa harga komoditas lainnya, masih terpantau dengan harga stabil dengan pasokan memadai. Beberapa di antaranya beras yang masih dibanderol dengan harga Rp9.000 hingga Rp11.500. Kedelai Rp9.500, cabai merah keriting Rp20 ribu/kg, cabai rawit merah Rp50 ribu/kg, cabai rawit hijau Rp25 ribu/kg, bawang merah Rp40 ribu/kg, bawang putih Rp35 ribu/kg, jagung Rp9.000, minyak goreng curah Rp11.500, tepung terigu Rp8.000, daging sapi Rp110 ribu/kg.

\"Untuk harga gula, kini sudah mengalami penurunan menjadi Rp17.500/kg. Sebelumnya, dibanderol dengan harga Rp18 ribu/kg,\" ungkapnya.

Ia juga menambahakan, hingga saat ini, belum terlihat adanya lonjakan pembeli di Pasar Sumber, meski akan memasuki bulan Ramadan. Hal ini menurutnya, dipengaruhi pandemi yang berlangsung. Jika dibandingkan biasanya, seminggu sebelum Ramadan selalu terjadi lonjakan pembeli. (apr)

Tags :
Kategori :

Terkait