Waduh, Setelah Dapat Penjelasan Ahli, Donald Trump Sarankan Suntik Disinfektan

Jumat 24-04-2020,14:54 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

JAKARTA - Beberapa fakta diungkapkan penelitian terbaru atas virus corona. Salah satunya bahwa virus corona bisa mati bila terkena sinar matahari langsung selama 2 menit. Kemudian sekitar 5 menit mati oleh cairan pemutih.

Merespons ini, Presiden Amerika Serikat Donald Trump justru menyarankan suntik/injeksi disinfektan ke pasien virus Corona sebagai langkah untuk mengobati Covid-19.

Trump membuat pernyataan ini setelah Bill Bryan, pejabat Departemen Keamanan Dalam Negeri dan ketua Departemen Sains dan Teknologi memberikan presentasi tentang penelitian timnya yang menunjukkan virus tidak hidup selama dalam suhu lebih hangat dan lebih lembab.

\"Saya melihat disinfektan bisa merobohkan (virus Corona) dalam satu menit. Ada cara kita bisa melakukan hal yang sama seperti itu dengan menyuntikkannya (disinfektan) ke dalam tubuh untuk membersihkannya,\" sebut Trump dikutip dari NBC News.

\"I see the disinfectant that knocks it out in a minute, one minute. And is there a way we can do something like that by injection inside or almost a cleaning? As you see, it gets in the lungs, it does a tremendous number on the lungs, so it would be interesting to check that.\"

Seorang pejabat kesehatan senior kemudian mengatakan laboratorium federal tidak mempertimbangkan atau mencoba mengembangkan opsi perawatan semacam itu. Juga, Robert Reich, seorang profesor kebijakan publik di University of California di Berkeley mengatakan melalui akun sosial media miliknya bahwa saran yang disebutkan oleh Trump sangat berbahaya.

\"Briefing Trump secara aktif membahayakan kesehatan masyarakat. Boikot propaganda. Dengarkan para ahli. Dan tolong jangan minum desinfektan,\" kata Reich. (yud)

Tags :
Kategori :

Terkait