Latih Warga Membuat Disenfektan

Minggu 03-05-2020,15:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

INDRAMAYU- Untuk meningkatkan kewaspadaan dan kemandirian warga dalam mencegah penyebaran virus corona (Covid-19), Pemerintah Desa/ Kecamatan Kertasemaya memberikan pelatihan pembuatan cairan disenfektan, kemarin. 

Kegiatan langsung secara diberikan oleh Pemerintah Desa Kertasemaya bersama Babinsa. Pertama warga terlebih dulu diberikan pemahaman akan bahaya penyebaran virus corona, dan pencegahannya. 

\"Ya istilahnya bukan pelatihan yang mengumpulkan banyak orang. Kita ke rumah ya ketua RT atau RW berikan pemaparan cara pembuatan disenfektan dari bahan-bahan yang ada di warung. Setelah bisa membuat, dari pintu ke pintu ketua RT menyebarkan informasi cara pembuatannya,\" ucap  Sekdes Kertasemaya, Widy Santosa, kemarin.

Dijelaskan, Widy untuk pencegahan covid-19 di wilayah desa, butuh peran serta dari masyarakat. Hal itu melihat Desa Kertasemaya berada di jalur utama pantura yang dilintasi banyak kendaraan dari berbagai wilayah. Sehingga bisa menjadi rawan penyebaran covid-19. 

\"Ya pemdes bersama warga harus siap siaga. Minimalnya warga bisa melakukan strerilisasi secara mandiri di rumah sendiri dan sarana ibadah yang terletak di jalur pantura, yang sering di singgahi pengguna jalan untuk beristirahat sambil menjalankan ibadah,\" ujarnya. 

Sementara itu, Ketua RW 05 Tambrin mengatakan upaya penanganan pencegahan covid-19 harus dilakukan secara merata. Bukan hanya membentuk relawan pencegahan covid-19 tingkat desa. Melainkan harus dibarengi dengan kesadaran warga untuk bersama-sama mendukung langkah pemerintah dalam mengatasi penyebaran virus corona. 

\"Dibekali keterampilan pembuatan disenfektan, paling tidak warga bisa melakukan penyemprotan rumahnya secara mandiri, tidak hanya mengandalkan tim relawan saja. Bisa lebih waspada terhadap potensi-potensi penyebaran virus yang dibawa pengguna jalan pantura,\" ujarnya. (oni)

Tags :
Kategori :

Terkait