Komplotan Pembobol Minimarket Ditangkap

Rabu 06-05-2020,17:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON - Kinerja Sat Reskrim Polres Kota Cirebon patut diacungi jempol. Belum genap satu minggu, Tim Tekab 852 Sat Reskrim Polres Kota Cirebon kembali berhasil membekuk enam pelaku spesialis maling pembobolan minimarket, Senin (4/5) sekitar pukul 19.00 WIB.

Mereka yang berhasil diamankan yakni berinisial A (28), Y (27) J (32), I (26), R (26) dan AJ (24). Keenam komplotan pelaku spesialis pembobolan minimarket itu merupakan warga Kabupaten Cirebon. Sedikitnya, sudah ada belasan minimarket yang ada di Kabupaten Cirebon telah dibobol oleh kawanan pelaku.

\"Ya, Sat Reskrim Polres Kota Cirebon berhasil menangkap 6 pelaku curat minimarket. Mereka spesialis, karena TKP-nya banyak. Nanti akan kita ekspose, pada Rabu (6/5) sekitar pukul 15.00 WIB,\" papar Kapolresta Cirebon Kombes Pol M Syahduddi melalui Kasubag Humas Iptu M Soleh.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Radar Cirebon, aksi pelaku dalam membobol minimarket dilakukan sebanyak belasan kali. Di antaranya empat kali di Kecamatan Arjawinangun, dua minimarket Ciwaringin, dua minimarket Talun, tiga Kecamatan Depok, satu Kecamatan Gempol, dan beberapa kali juga pelaku melakukan pencurian dengan kekerasan (Curas) di beberapa tempat.

\"Masih didalami oleh penyidik. Berapa kali melakukan curat dan curasnya, serta di mana saja TKP-nya. Sekarang masih dalam pemeriksaan,\" terangnya.

Diketahui, aksi pelaku dilakukan tengah malam,  ketika minimarket dalam kondisi tertutup. Berbagai macam modus, dari menjebol tembok belakang, hingga merusak plafon atas. Pelaku kemudian masuk ke dalam minimarket. Setelah berhasil masuk, mereka pun mengambil berbagai macam barang yang dianggapnya berharga, seperti rokok, susu, dan  barang lainnya.

Setelah berhasil mendapatkan barang tersebut, mereka pun melarikan diri melalui pintu yang sama. Pagi harinya, pihak minimarket yang mengetahui telah dibobol maling langsung melaporkan kejadian tersebut ke Polsek terdekat. Polisi pun langsung melakukan olah TKP dan memeriksa beberapa saksi yang ada di lokasi kejadian.

2

Setelah diperiksa, ditemukan belasan minimarket yang telah dibobol kawanan maling dalam beberapa bulan ini. Tim Tekab 852 Sat Reskrim Polres Kota Cirebon pun melakukan penyelidikan secara intensif. Dari hasil penyelidikan itu, polisi kemudian mengantongi nama-nama identitas tersangka.

Setelah barang bukti terkumpul semua, dan mengarah ke tersangka, polisi langsung bergerak dan mengamankan keenam tersangka di rumahnya masing-masing. Sebagian lagi, berhasil diamankan di wilayah Pegambiran Kota Cirebon. Beberapa pelaku yang mencoba melawan petugas, terpaksa harus didor kaki kanannya oleh polisi.

Dari tangan pelaku, polisi juga mengantongi beberapa barang hasil curian dan palu sebagai alat untuk melakukan aksinya. Pelaku dan barang buktinya, kemudian dibawa ke Mapolresta Cirebon untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh petugas.

\"Pelaku sudah ada di sel Mapolresta Cirebon. Masih dilakukan pemeriksaan oleh penyidik untuk didalami lagi,\" pungkasnya. (cep)

Tags :
Kategori :

Terkait