Selain Gara-gara Youtube Sampah, Ferdian Paleka Juga Langgar PSBB, Ancaman Denda Rp100 Juta

Sabtu 09-05-2020,04:15 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

JAKARTA – YouTuber Ferdian Paleka ditangkap bersama sang ayah, Herman dan kakak dari ayah Ferdian Paleka, Jamaludin. Mereka diamankan di jalan tol Jakarta-Merak KM 19, Balaraja, Tangerang, Jumat (8/5) dini hari.

“Benar. Telah dilakukan penangkapan atas nama Ferdian Paleka dan dua target DPO,” ujar Kabid Humas Polda Jawa Barat, Erlangga, kemarin (8/5).

Polisi berhasil menangkap Ferdian Paleka setelah melarikan diri ke Palembang dan hendak pulang ke Bandung. “Yang bersangkutan telah melakukan penjemputan terhadap tersangka di Pelabuhan Merak,” katanya.

Sementara itu, Ferdian menyampaikan permintaan maaf kepada waria atau transpuan dan masyarakat Indonesia. “Saya sangat meminta maaf sekali kepada transpuan yang telah saya prank dan saya minta maaf ke seluruh rakyat Indonesia, terutama rakyat Kota Bandung,” ucap Ferdian.

Ia mengaku menyesal atas perbuatannya melakukan prank kepada waria. Penyesalan itu diungkapkan setelah ditangkap polisi. “Saya sangat menyesal atas kelakuan saya, semoga saya dimaafkan,” ucapnya.

Di media sosial, foto maupun video Ferdian Paleka ditangkap viral. Ferdian tampak tertunduk lesu, dan tangannya diborgol polisi. “Sebentar lagi kamu bebas. Tapi boong,” ujar seseorang yang merekam wajah lesu Ferdian Paleka.

YouTuber berusia 22 tahun ini sebelumnya membuat heboh lewat aksi prank yang dibuat untuk konten YouTube-Nya. Ia bersama-sama temannya memberikan kardus berisi sampah dan batu untuk waria di jalan. Tak terima dipermainkan, para waria melaporkan Ferdinan dan teman-temannya ke polisi.

2

Atas perbuatanya, Ferdian dan teman-temannya terancam hukuman 12 tahun penjara berdasarkan pasal 51 ayat 2 dan pasal 45 ayat 3 UU ITE.

Saat tertangkap, Ferdian Paleka juga diduga langgar peraturan Pembatasan Skala Berskala Besar (PSBB) karena melarikan diri ke Palembang, dan bisa didenda hingga Rp100 juta.

Polisi juga menciduk ayah Ferdian, karena diduga menyebunyikan anaknya. Hal itu karena, ketika polisi berhasil mendapatkan mobil tersangka di Cileungsi, Bogor, yang berada di dalamnya malah ayahnya. (yud/din/fin)

Tags :
Kategori :

Terkait