Awasi, Pantau Bantuan Pemprov

Sabtu 09-05-2020,17:30 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON - Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum diagendakan hadir dalam kegiatan launching  pendistribusian Bansos dari Pemprov Jabar di Kabupaten Cirebon Sabtu (9/5) pagi. Rencananya, Wagub Uu hadir bersama Bupati Cirebon di Kantor Pos Cabang Sumber.

Hal tersebut disampaikan Kabag Humas Pemkab Cirebon, Nanan Abdul Manan SSTP saat ditemui Radar, kemarin. Menurutnya, Wagub Jabar hadir mewakili Gubernur Jabar dalam kegiatan launching bansos di PT Pos.

\"Kegiatannya besok (pagi ini, red), Pak Wagub akan melaunching secara simbolis pendistribusian bantuan untuk masyarakat Kabupaten Cirebon, \" ujarnya, kemarin.

Menurut Nanan, secara bertahap bantuan untuk masyarakat terdampak pandemi Covid-19 tersebut akan diberikan. Untuk tahap pertama dilakukan di Kecamatan Sumber dan Talun.

\"Setelah dari Sumber ini, kemudian serentak ke wilayah-wilayah lainnya juga. Bantuan ini untuk mereka yang sudah terdata dan tervalidasi oleh dinas terkait,\" imbuhnya.

Semantara itu, Kepala Kantor Pos Cabang Sumber, Sri Mulyani kepada Radar menuturkan, teknis secara detail pendistribusian bantuan tersebut ada di Kantor Pos Besar Cirebon di Yos Sudarso Kota Cirebon. Ia mengaku, pihaknya hanya sebagai pelaksana lapangan saja.

\"Besok itu kegiatannya di sini. Launching-nya ada 8 ojek online dan 3 petugas pos. Masing-masing motor membawa tiga dus untuk didistribusikan ke penerima bansos di Kecamatan Sumber dan Talun,\" bebernya.

2

Saat ini, menurut Sri, pihaknya sudah menerima sekitar 537 paket sembako dari pihak Bulog dan 800 kilogram telur yang akan langsung didistribusikan secara bertahap. \"Target kita tiga hari untuk pendistribusian,\" ungkapnya.

Sementara itu, anggota DPRD Jabar, Bambang Mujiarto ST menuturkan, bantuan sosial yang didistribusikan Pemprov Jabar ini harus diawasi dan dipantau bersama oleh semua pihak termasuk oleh aparat penegak hukum. Menurutnya, bantuan sosial untuk warga miskin ini harus benar-benar tepat sasaran dan sesuai dengan spesifiksinya.

\"Contohnya beras untuk bantuan ini dianggarkan Rp12.800 perkilogram. Maka, berasnya harus beras bagus dan penerima harus menghitung jumlah bantuam yang diterima. Apakah sesuai nilainya atau tidak, harga-harganya bisa dicek secara online,\" tukasnya.

Menurut Bambang, jumlah penerima bansos dari Pemprov dengan sumber DTKS untuk Kabupaten Cirebon sebanyak 14.007. Jumlah tersebut belum ditambah penerima dari daftar non DTKS sebanyak 60.000-an. Yang saat ini didistribusikan adalah bantuan atau kuota April yang baru dibagikan pada Bulan Mei.

Ditambahkannya, dari daftar yang ia terima, para calon penerima sendiri akan menerima beras kualitas bagus sebanyak 10 kilogram, gula pasir 1 kilogram, terigu 1 kilogram, minyak goreng dua kilogram, vitamin C  1 paket, dan mie instant 16 bungkus, makanan kaleng empat buah. (dri)

Tags :
Kategori :

Terkait