15 Hari, 35.945 Kendaraan Dipaksa Putar Balik

Senin 11-05-2020,23:01 WIB
Reporter : Husain Ali
Editor : Husain Ali

Ia menyebut, puluhan perusahaan otobus yang beroperasi itu telah mendapatkan izin dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Rencananya ratusan bus itu melayani penumpang dengan kriteria khusus ke Sumatera dan Jawa.

“Jam operasionalnya untuk sementara itu pukul 06.00-18.00 WIB. Untuk tujuannya berdasarkan yang telah ditunjuk oleh Kemenhub,” ucapnya.

Selain itu, dia menyebut pengawasan pengoperasian itu dilakukan dengan ketat, yakni dengan adanya daftar penumpang. Sehingga mempermudah pihak kepolisian saat melakukan pemeriksaan di titik chek poin.

“Bus yang diizinkan beroperasi dilengkapi dengan stiker dan barcode. Jadi polisi bisa mengecek barcode, kemudian mencocokkan data penumpang,” ujar Syafrin.

Sedangkan Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa mengatakan pihaknya belum mengoperasikan KA jarak Jauh meskipun ada izin beroperasi. “Saat ini masih belum ada yang beroperasi,\" kata Kahumas Daop I Jakarta, Eva Chairunisa, Jumat (8/5).

Eva juga mengaku belum bisa memberikan keterangan kapan KA Jarak Jauh kembali beroperasi. “Nanti ya, kalau sudah bisa, kami akan menginformasikan, kita akan rilis,” tutur Eva.

Sedangkan Lion Group resmi membuka layanan penerbangan rute domestik dan mancanegara di seluruh bandara Indonesia. Corporate Communications Strategic Lion Air Danang Mandala Prihantoro mengatakan seluruh penerbangan rute domestik dari Lion Group mulai beroperasi per Minggu (10/5).

Khusus di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), penerbangan domestik Lion Group dipindahkan ke Terminal 2E. Lion Group yang beroperasi di Indonesia terdiri dari Lion Air, Wings Air, dan Batik Air. Mulai kemarin pengoperasian kembali untuk rute domestik dari yang sebelumnya dijadwalkan pada Minggu, 10 Mei 2020.

2

Lion Group juga membuka penerbangan internasional. Sama halnya dengan penerbangan domestik, penerbangan internasional di Bandara Internasional Soetta dipindahkan dari Terminal 2F ke Terminal 3.

“Untuk penerbangan internasional Lion Air Group, Malindo air dan Thai Lion Air, Lion Air dan Batik Air dari Terminal 2F dipindah ke Terminal 3 Bandara Internasional Soetta,\" ungkapnya.

Selain Bandara Internasional Soetta, Danang menuturkan, penerbangan Lion Group akan dibuka di bandara lain. Adapun pelayanan ini akan beroperasi normal dengan terminal sama.

“Untuk bandar udara lainnya yang beroperasi tetap pada terminal yang sama,” ujarnya.

Director of Operations and Services PT Angkasa Pura II (Persero) Muhamad Wasid meminta calon penumpang pesawat terbang datang tiga sampai empat jam lebih awal dari jadwal keberangkatan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Ia menyampaikan, selang waktu itu dimanfaatkan untuk pemeriksaan persyaratan calon penumpang sebelum check-in. Ini merupakan prosedur baru selama pandemi Covid-19.

\"Prosedur baru ini dijalankan secara ketat dengan tahapan yang detail. Oleh karena itu, kami mengimbau agar calon penumpang pesawat sudah hadir di bandara tiga sampai empat jam sebelum jadwal keberangkatan,” jelasnya. (gw/fin)

Tags :
Kategori :

Terkait