Sri Mulyani: Kuartal-III Telah Berakhir, Sinyal Ekonomi Lebih Baik

Sri Mulyani: Kuartal-III Telah Berakhir, Sinyal Ekonomi Lebih Baik

MENTERI Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati meminta semua pihak dapat bekerja sama agar perekonomian kembali bangkit. Sebab, kuartal-III tahun ini telah berakhir dan tinggal menanti hasil perputaran roda ekonomi dari Juli hingga September 2020.

“Kita terus akan bekerja sama dengan pemerintah daerah dan seluruh para stakeholder, masyarakat dan dunia usaha agar Indonesia mampu untuk bangkit kembali,” ujarnya dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (1/10).

Sri Mulyani kembali mengingatkan bahwa ekonomi yang terkontraksi bukan hanya dialami oleh Indonesia, melainkan hampir semua negara di dunia. Namun pemerintah optimistis kinerja ekonomi kuartal-III akan lebih baik dibandingkan kuartal-II.

“Kalau kita lihat pada kuartal-II perekonomian mengalami kontraksi 5,3 persen. Kita sudah mulai menunjukkan pemulihan pada kuartal-III, dan kita berharap pemulihan ini akan kita jaga,” tuturnya.

Sri Mulyani menuturkan, wabah Covid-19 tak hanya berdampak pada kesehatan. Namun pandemi juga memberikan pengaruh yang luar biasa besar terhadap kehidupan masyarakat, perekonomian, dan dunia keuangan.

“Ini karena untuk menangani Covid-19 perlu dilakukan langkah-langkah di bidang kesehatan yang memiliki dampak yang sangat besar kepada kegiatan sosial ekonomi,” imbuhnya.

Oleh karenanya, Sri Mulyani menilai, perhatian tak hanya perlu diberikan pada masalah kesehatan. Namun juga dampak ekonominya.

Pemerintah sendiri telah menganggarkan hampir Rp 700 triliun untuk menangani Covid-19 ini. “Dari mulai bidang kesehatan, melindungi lebih dari 60 juta penduduk Indonesia melalui bantuan sosial dan dukungan kepada UMKM, maupun kepada dunia usaha agar mereka mampu bertahan dan bisa bangkit kembali akibat Covid-19,” tuturnya.(net/jp)

https://www.youtube.com/watch?v=UOZZlqjdrKk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: