Hotel Langensari Jadi Tempat Isolasi Pasien Covid-19 Sempat Diprotes Warga

Hotel Langensari Jadi Tempat Isolasi Pasien Covid-19 Sempat Diprotes Warga

CIREBON - Penggunaan hotel Langensari Kota Cirebon sebagai fasilitas isolasi bagi pasien positif Corona tanpa gejala sempat mendapat protes warga 04 RW 05 Kebonbaru.

Hotel Langensari didatangi Hendra Gunawan, salah satu warga Jalan Siliwangi yang rumahnya bersebelahan dengan lokasi isolasi tersebut, Jumat (2/20) siang. Ia mempertanyakan terkait penggunaan hotel yang dekat rumahnya menjadi fasilitas isolasi Covid-19.

Dirinya merasa khawatir dengan kondisi tersebut. Karena rumahnya yang sangat berdekatan dengan fasilitas isolasi.

Baca juga:

Bantu Pemerintah, Hotel Langensari Jadi Tempat Isolasi Pasien Covid-19

Ulama Cirebon Deklarasikan Brigade Macan Putih Sunan Gunung Jati

Antisipasi Kerumunan Warga saat Maulidan, Polres Cirebon Kota Dirikan Pos Penyekatan

Kebetulan rumah dia berada di sebelah selatan hotel. Kemudian kamar hotel Langensari yang sudah terisi pasien positif berada dekat rumahnya.

Kedatangan warga tersebut difasilitasi oleh ketua RW setempat. Dia dipertemukan dengan kordinator tim medis yang piket di posko hotel Langensari dan disaksikan lurah, camat, Babinsa, Babinkamtibmas dan perwakilan dinkes.

“Saya mempertanyakan keamanan kesehatan di sini. Karena rumah saya dan hotel hanya berbatasan dengan tembok,” ujar Hendra.

Kordinator perawat Posko Covid-19 Langensari Haryanto memberikan penjelasan bahwa secara teori dan kajian yang diyakini saat ini, virus Corona tidak dapat menyebar lewat udara secara beterbangan. “Jadi kalau nggak ada droplet atau percikan dari batuk dam bersin tidak dapat menyebar,” tegasnya.

Terlebih lagi, kebersihan dan disinfeksi yang dikakukan oleh tim kebersihan juga dikakukan sesuai prosedur standar kesehatan. Sehingga menurut Haryanto, dipastikan aman dari penyebaran Covid-19.

Setelah mendapatkan penjelasan dari tim media di Posko Langensari dan Satgas Covid-19 kecamatan, warga tersebut akhirnya memahami. Dia juga tidak lagi keberatan atas keberadaan fasilitas isolasi Covid-19 di Hotel Langensari. (azs)

https://youtu.be/rUUT3msxzf4

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: