Dinkes Kabupaten Cirebon: Hotel Dipakai Isolasi Mandiri Dijamin Disterilisasi

Dinkes Kabupaten Cirebon: Hotel Dipakai Isolasi Mandiri Dijamin Disterilisasi

CIREBON - Pemerintah Kabupaten Cirebon kesulitan mencari tempat untuk membantu warga yang terpapar covid-19 melakukan isolasi mandiri. Sejauh ini, belum ada opsi selain menggunakan hotel.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Hj Enny Suhaeni SKM MKes mengatakan, sejauh ini pihaknya juga masih mencari hotel yang bersedia dijadikan tempat isolasi mandiri bagi pasien positif Covid-19 asal Kabupaten Cirebon yang kategori orang tanpa gejala (OTG). “Kita masih mencari. Mudah-mudahan mendapatkan solusinya,”ujar Enny.

Enny menjelaskan, tempat isolasi mandiri akan difokuskan untuk pasien yang virolognya tinggi, kemudian yang rumahnya terlalu padat penduduk kemudian berlaku bagi orang yang tidak disiplin.

“Jadi tidak semua yang positif harus isolasi disatu tempat. Yang kita butuhkan tidak banyak kamar. Kalau dia bisa isolasi mandiri di rumah ya di rumah saja nanti kan satgasnya itu kan sampai RT RW. Nah mereka (RT dan RW) itu yang harus aktif,” jelasnya.

Enny mengaku pihaknya masih mencari hotel yang mau disewakan untuk tempat isolasi mandiri. “Kalau kita inginnya ya ada satu tempat atau hotel untuk isolasi masyarakat yang berpotensi menularkan ke yang lain. Sekarang kan sudah AKB, jadi hotel juga sudah penuh lagi, ramai lagi, mungkin itu yang jadi keberatannya,” tuturnya.

Apalagi Kabupaten Cirebon termasuk daerah wisata, kuliner jumlah okupansi hunian hotel juga mulai meningkat lagi. “Hotel setiap hari pasti disemprot disinfektan,” tandas Enny. (via)

Tonton video berikut ini:

https://www.youtube.com/watch?v=ss_5MjBrRSI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: