Perbaiki Irigasi untuk Produktivitas Pertanian

Perbaiki Irigasi untuk Produktivitas Pertanian

CIREBON – Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat berupaya mengembangkan sektor pertanian. Salah satunya dengan membuat aliran-aliran dari Waduk Jatigede ke sejumlah daerah untuk mengairi sawah.

Hal itu diungkapkan Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum menghadiri Panen Raya Padi di Desa Guwa Lor, Kabupaten Cirebon.

\"Ini luar biasa. Artinya, dengan diurusnya irigasi, dengan diselesaikannya tatanan air, maka dapat meningkatkan produktivitas pertanian,\" ucapnya.

Kang Uu memberikan apresiasi kepada para petani atas kerja kerasnya. Sebab, kata ia, petani merupakan ujung tombak dalam menjaga ketahanan pangan di Jabar.

Kang Uu menyatakan, pihaknya terus berupaya mewujudkan Jabar Juara Pertanian atau menjadikan Jabar sebagai lumbung padi nasional. \"Curah hujan Jabar besar, hamparan paling besar. Kendala ada di irigasi, maka irigasi akan jadi skala prioritas,\" katanya.

Di tempat yang sama, Bupati Cirebon Imron Rosyadi mengatakan, pandemi covid-19 tidak berdampak besar terhadap keberlangsungan sektor pertanian di wilayahnya. Meski begitu, irigasi masih menjadi persoalan yang harus segera diselesaikan.

\"Kami mohon kepada Pak Wagub, dan Dinas terkait, aliran Jatigede ini minta Kabupaten Cirebon diperbanyak,\" ucapnya. \"Kami mohon di wilayah timur dan tengah (Cirebon) minta dibuatkan embung untuk bisa menampung air,\" imbuhnya. (yud)

https://www.youtube.com/watch?v=WWWFdcIhh2g

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: